Diskusi 3 Tutorial Online Perilaku Organisasi (ADPU 4431)

 


DISKUSI 3 :

Forum ini akan membahas dan mendiskusikan hal terkait Gaya Kepemimpinan.

Diskusikan

Bagaimana pandangan Saudara terkait fungsi kepemimpinan nasional di Indonesia sekarang ini dan impaknya pada proses pembangunan nasional. ? 

Dalam berdiskusi gunakan konsep dan teori yang sesuai.

 

 

PENDAPAT DISKUSI 3 :

Mengutip Lemhannas (2009), kepemimpinan nasional merupakan seseorang atau sekelompok elit bangsa yang mampu melakukan proses kepemimpinan untuk empowerment all resources bangsa menuju tercapainya tujuan dan cita-cita nasional sesuai moral, etika Pancasila serta UUD 1945 di tengah perubahan dunia. Dalam konteks Indonesia saat ini, kepemimpinan nasional dilaksanakan berdasarkan semangat mewujudkan demokratisasi dan otonomi daerah.

 

Kepemimpinan nasional menjadi salah satu faktor strategis dan menentukan dalam proses pembangunan nasional serta penyelesaian masalah bangsa yang meliputi kepemimpinan eksekutif, legislatif, dan judikatif pada level pusat dan daerah. Proses dan mekanisme kelahiran pemimpin nasional tersedia melalui mekanisme demokratis yang sudah berjalan secara teratur di Indonesia dalam proses pemilihan umum (Pemilu) ataupun pemilihan kepala daerah (Pilkada).

 

Kepemimpinan Nasional Saat ini, Sebelumnya dan dimasa mendatang harus tetap berkelanjutan untuk menjamin keberlangsungan Sebuah Bangsa dan Pembangunan Nasional seperti yang diamanahkan yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945.

 

Kepemimpinan Nasional Indonesia lebih mengarah kepada Teori Kepemimpinan Bergaya demokratik (partisipatif). Kepemimpinan Nasional harus selaras dengan Sistem Negara yaitu Demokrasi Pancasila, Pemimpin dipilih berdasarkan suatu proses demokrasi yang melibatkan partisipasi seluruh rakyat Indonesia. Demikian juga dengan arah kebijakan dan jalannya  Pembangunan Nasional adalah hasil kesepakatan dari keterwakilan rakyat di parlemen (legislatif) dan pemerintah (eksekutif), dua unsur ini adalah bagian kepemimpinan nasional yang dianut Bangsa Indonesia.

 

Sumber :

https://.jabarprov.go.id/index.php/news/41380/2021/02/20/Kepemimpinan-Nasional-Faktor-Strategis-Yang-Menentukan

BMP ADPU443; Perilaku Organisasi; Muharto Toha – Darmanto; Universitas Terbuka