DISKUSI 3 TUTORIAL ONLINE PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI (ADBI4410)



DISKUSI 3 :

Setelah mempelajari modul 3, berikan pendapat anda terkait adopsi teknologi pada proses seleksi karyawan. Bagaimana teknologi, seperti platform rekrutmen online (jobstreet, linkedin, dll) dan aplikasi manajemen rekrutmen, dapat memfasilitasi proses seleksi karyawan yang lebih efisien? Berikan pendapat anda ditinjau dari sudut pandang perusahaan dan pelamar pekerjaan!

 

PENDAPAT DISKUSI :

Teknologi yang semakin maju membuat proses seleksi menjadi jauh lebih mudah. Aplikasi atau sistem rekrutmen online akan semakin berkembang untuk beberapa tahun ke depan. Diharapkan dengan penerapan teknologi,  proses seleksi karyawan yang rumit dapat berubah menjadi jauh lebih sederhana.

Hal ini tentu tidak hanya akan menguntungkan pihak perusahaan namun juga bagi para pencari kerja. Berikut adalah beberapa cara bagaimana teknologi dapat membantu proses seleksi untuk sebuah perusahaan :

1. Teknologi membantu mencari kandidat

Teknologi seperti internet mampu menyebarluaskan informasi secara cepat dengan jangkauan yang luas. Info lowongan pekerjaan yang Anda posting melalui media online seperti website atau media sosial akan bekerja jauh lebih efektif daripada info lowongan yang Anda sebarluaskan melalui brosur.

Saat ini juga sudah terdapat teknologi bernama Applicant Tracking Systems ( ATS ) yang mampu menyediakan database kandidat untuk memudahkan proses seleksi. Sistem akan membantu menyortir dan mengelola kandidat sesuai dengan kriteria yang sedang Anda cari sehingga proses seleksi menjadi lebih mudah.

2. Test dapat dilakukan secara online

Terkadang perusahaan harus melakukan beberapa test untuk mengetahui skill dan kemampuan kandidat. Pihak perusahaan dapat mengirim test melalui email, dan kandidat dapat mengerjakannya di mana saja. Dengan bantuan teknologi proses pengujian dapat dilakukan secara serentak tanpa harus datang ke lokasi sehingga dapat menghemat banyak waktu.

3. Wawancara digital

Teknologi juga mampu mempermudah proses interview. Jika dulu interview harus dilakukan secara tatap muka, saat ini interview dapat dilakukan secara online.

Perushaan dapat menggunakan Google Hangout atau Skype untuk mewawancarai kandidat. Cara ini akan sangat berguna jika kandidat potensial Perusahaan berada di luar kota. Kandidat tidak lagi perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menghadiri proses seleksi karena interview dapat dilakukan di mana saja.

 

 

 

Sumber Menjawab :

- Psikologi Industri dan Organisasi; Irma Adnan; ADBI4410; Universitas Terbuka; Cetakan Kedua - - Materi Inisiasi 3 Tutorial Online Psikologi Industri dan Orgnanisasi

- https://www.logique.co.id/blog/2019/07/01/proses-seleksi-karyawan/