DISKUSI 2 TUTORIAL ONLINE UANG DAN PERBANKAN (ADBI4331)

 


DISKUSI 2 :

Jumlah Uang yang Beredar

Jelaskan tindakan-tindakan bank sentral dalam memengaruhi jumlah uang yang beredar di Indonesia!


PENDAPAT DISKUSI :

Kebijakan moneter terdiri dari beberapa proses. Kebijakan diawali dengan proses penyusunan, pengumuman, dan implementasi. Lebih lanjut, proses implementasi ini dilakukan oleh bank sentral dan institusi lainnya. Di Indonesia, BI akan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), serta otoritas lain yang terkait.

Secara garis besar, kebijakan moneter terdiri dari manajemen jumlah uang beredar dan suku bunga. Kegiatan tersebut dicapai dengan beberapa cara, mulai dari memodifikasi tingkat bunga, membeli atau menjual obligasi pemerintah, mengatur nilai tukar mata uang asing, dan mengubah jumlah uang yang harus dipertahankan bank sebagai cadangan.

Macam-macam Instrumen kebijakan moneter bank sentral

Bank sentral memiliki lima instrumen untuk mengimplementasikan kebijakan yang sudah dibuat.

1.  Program operasi pasar terbuka

Langkah ini diambil ketika bank sentral ingin mengurangi atau menambah jumlah uang yang beredar. Caranya, dengan menjual Sertifikat Bank Indonesia (SBI) atau membeli surat berharga di pasar modal.

2.  Kebijakan diskonto

Politik diskonto merupakan kebijakan bank sentral untuk menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar dengan cara menaikkan atau menurunkan suku bunga bank. Jika ada gejala inflasi, bank sentral akan menaikkan suku bunga untuk mengurangi jumlah uang yang beredar dan sebaliknya.

3.  Pengaturan cadangan kas

Salah satu peran kunci bank sentral adalah membuat peraturan untuk menaikkan maupun menurunkan cadangan kas. Kebijakan ini mengatur persentase tertentu dari uang yang disetorkan nasabah ke bank umum, termasuk besaran persentase uang nasabah yang tidak boleh dipinjamkan.

4.  Kebijakan kredit ketat

Kebijakan ini mengatur bank umum untuk memberikan kredit dengan memperhatikan 5C, yakni Character, Capability, Collateral, Capital, dan Condition of Economy.

Pada akhirnya, kebijakan moneter adalah kuncinya. Kebijakan ini mampu mengawasi jumlah uang yang beredar. Kebijakan kredit ketat diimplementasikan pada saat terjadi gejala inflasi.

5.  Strategi dorongan moral

Kontrol terhadap jumlah uang yang beredar juga dilakukan bank sentral melalui pengumuman, pidato, dan edaran yang ditujukan kepada bank umum serta pelaku moneter lainnya.

Untuk meningkatkan sense kondisi keuangan, isi kegiatan tersebut biasanya berisi ajakan atau larangan untuk menahan maupun melepaskan pinjaman tabungan.

 

 

Sumber Menjawab :

Uang dan Perbankan; Suryanto; ADBI4331; Universitas Terbuka; Cetakan Kedua Mei 2023.

https://pluang.com/id/blog/resource/kebijakan-moneter-bank-sentral