DISKUSI 1 TUTORIAL ONLINE PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI (ADBI4410)

 


DISKUSI 1 :

Manajemen Sumber Daya Manusia dan perilaku organisasi membahas tentang perilaku manusia di dunia kerja, sebagaimana Psikologi Industri dan Organisasi. Menurut anda, apa yang membedakan Psikologi Industri dan Organisasi dengan MK lainnya diatas serta Mengapa kita perlu mempelajari Psikologi Industri dan Organisasi?


PENDAPAT DISKUSI :

Sebelum kita membahas perbedaan dari Psikologi Industri dan Organisasi (PIO) dengan Mata Kuliah Lain dalam hal ini Managemen Sumber Daya Manusia, mari kita bahas mulai dari defenisi masing-masingnya.

Psikologi Industri dan Organisasi merupakan satu keseluruhan pengetahuan (a body knowledge) yang berisi fakta, aturan dan prinsip-prinsip tentang perilaku manusia pada pekerjaan.

Sementara itu Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktivitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Prinsip-prinsip psikologi belajar dan social yang berguna membentuk kelompok-kelompok kerja yang lebih produktif dalam mengelola frustasi, konflik dan stress karyawan, sedangkan prinsip-prinsip motivasi dan emosi berguna untuk memotivasi dan meberi kepuasan dan meningkatkan produktifitas dan prestasi kerja.

Pada dasarnya pendekatan Manajemen Sumber Daya Manusia berusaha untuk membuat perencanaan dan staffing secara lebih efektif dan efisien dalam organisasi melalui wawancara sebagai sesuatu teknik yang dianggap bermakna mendapatkan karyawan terbaik sesuai dengan sistem organisasi yang ada.

Sedangkan Psikologi Industri dan Organisasi , mempertimbangkan wawancara sebagai salah satu teknik untuk menggali potensi (ketrampilan dan keahlian) dan komptensi individu agar dapat ditempatkan pada jabatan yang sesuai dengan potensi dan kompetensinya (the right person in the right place), sehingga dapat melengkapi data dari beberapa alat alat seleksi yang lainnya seperti test psikologi, pengisian blanko aplikasi, dan assessment center 

 

Sumber Menjawab :

- Psikologi Industri dan Organisasi; Irma Adnan; ADBI4410; Universitas Terbuka; Cetakan Kedua - - Materi Inisiasi I Tutorial Online Psikologi Industri dan Orgnanisasi