DISKUSI 3 TUTORIAL ONLINE METODE PENELITIAN SOSIAL (ISIP4216)



DISKUSI 3 :

Forum ini membahas Langkah-langkah dalam Penelitian

  1. Untuk penjekasan maupun prediksi suatu permasalahan penelitian diperlukan adanya suatu teori yang berkaitan dengan masalah penelitian yang diteliti. Silahkan paparkan teori yang anda gunakan dalam menentukan permasalahan objek penelitian (sesuai dengan objek penelitian pada sesi sebelumnya)
  2. Masalah yang harus dipecahkan atau dijawab melalui penelitian selalu tersedia dan cukup banyak, tinggal peneliti mengidentifikasi, memilihnya dan merumuskannya. Silahkan diskusikan langkah-langkah dalam merumuskan permasalahan dalam penelitian.

 

PENDAPAT DISKUSI :

Soal Diskusi 1 :

Objek Penelitian yang saya ambil adalah tentang perceraian yang terjadi pada pernikahan usia muda. Dalam menentukan teori yang digunakan akan digunakan penjelasan Pendekatan Campuran atau Mix Method yang dimana Pendekatan Campuran atau Mix Method mengadopsi kedua pendekatan yang sudah dijelaskan di atas.

Proses bagaimana kedua pendekatan diatas bisa diadopsi memang problematik. Pengalaman saya membaca beberapa laporan penelitian yang menerapkan pendekatan campuran menunjukkan bahwa satu metode cenderung lebih dominan dibanding lainnya. Dengan kata lain, satu metode berperan sebagai komplementer atau pelengkap metode yang lainnya. Teori yang digunakan terkait permasalahan tersebut adalah :

·         Melakukan eksplorasi lebih dalam melalui wawancara : Wawancara mendalam diperlukan untuk mendapatkan data deskriptif apakah pernikahan di usia muda yang mereka lakukan adalah keputusannya sendiri atau kultur masyarakat yang diteliti memang demikian, atau paksaan, atau alasan lainnya. Motif individu melakukan nikah muda akan lebih jelas jika dideskripsikan melalui wawancara mendalam ketimbang dengan survey.

·         Menggunakan sumber media cetak / elektronik sehubungan dengan perceraian pada pernikahan usia muda sebagai referensi.

 

 

 

 

Soal Diskusi 2 :

Langkah-langkah dalam merumuskan masalah adalah sebagai berikut :

·         Buat secara spesifik : Cara membuat rumusan masalah yang paling utama adalah membuat rumusan secara spesifik. Dalam menulis rumusan masalah, tidak perlu dijabarkan secara panjang lebar, sebab justru akan menghilangkan inti yang ingin disampaikan. Selain itu, rumusan masalah bentuknya sebuah pertanyaan, jadi cukup ditulis secara singkat, padat, dan jelas.

·         Menentukan metode penelitian yang sesuai : Cara membuat rumusan masalah yang selanjutnya adalah dengan menentukan metode penelitian yang sesuai. Tentu saja anda harus menentukan terlebih metode penelitian yang sekiranya tepat dengan tema yang anda angkat. Membicarakan tentang metode penelitian, Anda bisa memutuskan untuk menggunakan metode penelitian kualitatif atau kuantitatif.

·         Mencari Wawasan Teori-Yeori yang mendukung Metode Penelitian yang dipilih : Cara membuat rumusan masalah yang selanjutnya adalah dengan mencari wawasan teori-teori yang mendukung metode penelitian yang dipilih. Menentukan Metode Penelitian hal yang tidak kalah penting. Jangan sampai salah menempatkan urutan menimbulkan salah tindakan. Kesalahan dalam bertindak akan mempengaruhi pada proses penyelesaian penelitian. Kelebihan menentukan metode penelitian ini membantu peneliti menentukan konsep yang pas dan cocok digunakan.

·         Kreatif Melihat Fenomena di Sekeliling : Cara membuat rumusan masalah yang selanjutnya adalah dengan kreatif melihat fenomena di sekeliling kita. Poin ini sebenarnya sederhana. Tetapi sulit dalam praktiknya. Kecuali bagi anda yang terbiasa berpikir, mungkin tidak begitu kesulitan dalam membuat rumusan masalah. Sebenarnya rumusan masalah itu banyak sekali disekililing kita, jika kita peka membidik. Umumnya, kesulitan utama dalam membuat rumusan masalah karena terlalu jauh memikirkan berpikir. Padahal penelitian bisa diambil dari kasus-kasus kecil dan sederhana yang sering dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

·         Gunakan 5W + 1H : Cara membuat rumusan masalah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan rumusan 5W + 1H. Jika anda mengalami kesulitan menentukan topik atau tema penelitian, Anda bisa menerapkan 5W + 1H. Caranya cukup membuat pertanyaan yang menarik, sebanyak mungkin yang anda minati.

 

 

Sumber Menjawab :

 

- Metode Penelitian Sosial ; Lilik Aslichati, H.I.Bambang Prasetyo, Prasetya Irawan; ISIP4216; Universitas Terbuka; Edisi Kedua

- Materi Inisiasi 3 Tutorial Online Universitas Terbuka.