DISKUSI 1 TUTORIAL ONLINE METODE PENELITIAN SOSIAL (ISIP4216)

 


DISKUSI 1 :

Forum ini membahas Kaidah Dasar Ilmu Pengetahuan dan Penelitian

  1. Sebagaimana diketahui bahwa penggetahuan dan ilmu pengetahuan ialah dua hal yang berbeda, maka silahkan diskusikan persamaan serta perbedaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan
  2. Silahkan diskusikan perbedaan antara etika dan etiket, kemudian diskusikan juga mengenai permasalahan etika dalam penelitian sosial

 

PENDAPAT DISKUSI :

Soal Diskusi 1 :

Persamaan Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan ;

Persamaan antara pengetahuan dan ilmu pengetahuan adalah keduanya mengacu pada pemahaman tentang dunia dan bagaimana hal-hal bekerja. Keduanya juga dapat diperoleh melalui proses belajar dan pengalaman, serta keduanya dapat digunakan untuk memecahkan masalah dan menghasilkan solusi

 

Perbedaan Pengetahuan dam Ilmu Pengetahuan ;

Perbedaan utama antara Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan  adalah bahwa ilmu  pengetahuan melibatkan metode dan proses tertentu untuk memperoleh, menguji, dan memverifikasi pengetahuan. Metode ilmiah ini melibatkan observasi, pengujian hipotesis, pengumpulan data, analisis, dan kesimpulan.

Ilmu Pengetahua juga bertujuan untuk menjelaskan dan memprediksi fenomena alam dan manusia dengan menggunakan bukti empiris yang dapat diuji dan diverifikasi. Sementara itu, pengetahuan dapat diperoleh dari pengalaman langsung, pembelajaran dari orang lain, atau refleksi filosofis.

Pengetahuan dapat bersifat subjektif dan tidak selalu berdasarkan pada bukti empiris yang dapat diuji dan diverifikasi seperti pada ilmu Pengetahua. Namun, pengetahuan juga dapat digunakan untuk memahami dan menjelaskan fenomena alam dan manusia.

 

 

Soal Diskusi 2 :

Perbedaan Etika dan Etiket ;

Dikutip dari buku Etika Profesi Insinyur: Membangun Sikap Profesionalisme Sarjana Teknik (2018) oleh I Putu Jati Arsana, etika berkaitan dengan moral (mores). Etika merupakan konsep tindakan atau perilaku manusia dalam kehidupannya, yakni tentang baik dan buruknya suatu hal. Sementara etiket berkaitan dengan sopan santun. Etiket adalah sikap sopan santun individu dalam kehidupan bermasyarakat, guna menjalin hubungan baik antarsesama.

Dilansir dari Buku Ajar Etika Umum (2019) karya Asmawati Burhan, persamaan etika dan etiket terletak pada kaitannya dengan perilaku manusia. Baik etika maupun etiket, keduanya sama-sama memberi nama bagi perilaku manusia, yakni tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Salah satu perbedaan etika dan etiket adalah ruang lingkupnya. Etika menyangkut moral individu. Sementara etiket berkaitan dengan sopan santun.

Menurut K. Bertens dalam buku Etika (2007) telah menjabarkan empat perbedaan etika dan etiket. Berikut uraiannya:

- Etiket berkaitan dengan cara suatu perbuatan harus dilakukan manusia. Sementara etika berkaitan dengan norma perbuatan itu sendiri.

- Etiket hanya berlaku dalam pergaulan. Sedangkan etika berlaku kapan saja, meski tak ada orang yang memperhatikannya.

- Etiket sifatnya relatif (apa yang dianggap sopan dalam suatu kebudayaan, bisa jadi dianggap tidak sopan di kebudayaan lain). Sementara etika bersifat absolut atau tidak bisa ditawar.

- Etiket hanya berkaitan dengan segi lahiriah individu. Sedangkan etika berkaitan dengan sisi dalam (rohaniah) seseorang.



Permasalahan Etika dalam Penelitian Sosial ;

Ketika melakukan psoses penelitian banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satu hal utama yang juga perlu diperhatikan adalah permasalahan etika dalam penelitian sosial.

Mengutip buku Penelitian di Bidang Ilmu Hukum karya Kadarudin (7:2021) etika penelitian sosial penting diketahui karena penelitian sosial berkaitan dengan atau melibatkan anggota masyarakat sebagai subjek penelitian.

Persoalan etika menjadi penting dilakukan karena adanya berbagai alasan etik akademis tertentu. Untuk itu, hal tersebut perlu diperhatikan secara seksama oleh peneliti

Menurut Prasetya Irawan dalam Modul yang diterbitkan Universitas Terbuka, khususnya pada bagian Kaidah Dasar Ilmu Pengetahuan dan Penelitian, dijelaskan bahwa kegiatan penelitian ilmiah menghasilkan penjelasan ilmiah memiliki sifat khusus, yaitu dapat diuji kebenarannya, dapat digeneralisasi dan mempunyai kemampuan meramal dan memprediksi.

Kegiatan penelitian ilmiah berbeda dengan cara berpikir biasa (common sense). Agar sampai kepada penjelasan ilmiah, proses penelitian perlu mengikuti serangkaian kegiatan yang berhubungan antar satu sama lain. Hubungan tersebut bersifat mata rantai. Dalam penelitian sosial, sasaran atau objek penjelasan ilmiah adalah perilaku.

Penelitian ilmiah harus terus berkelanjutan agar mencapai penjelasan ilmiah yang objektif. Penelitian ilmiah juga harus dilakukan dengan benar sesuai etika penelitian.

Dikutip dari buku Dasar-dasar Penelitian sosial, Dr. Heri Herdiawanto, S.Pd., M.Si., Jumanta Hamdayama, S.Pd., M.Si (161:2021), hal-hal lain yang harus diperhatikan dalam etika penelitian:

1. Peneliti membaktikan diri untuk mencari kebenaran ilmiah.

2. Peneliti melakukan kegiatan dalam cakupan dan barisan yang diperkenankan hukum.

3. Peneliti mengelola sumber daya keilmuan dengan penuh rasa tanggung jawab.

4. Peneliti mengelola jalannya penelitian secara jujur.

5. Peneliti membuka diri terhadap tanggapan, kritik dan saran.

Etika pada jenis penelitian sosial penting diketahui karena penelitian sosial berkaitan erat dengan keterlibatan anggota masyarakat sebagai subjek penelitian. Penyimpangan terhadap kaidah-kaidah etika akan menyebabkan anggota masyarakat yang dilibatkan dalam penelitian dirugikan baik secara fisik, moril, atau bahkan secara materiil.

Beberapa prinsip etika penelitian:

1. Menghormati harkat dan martabat manusia.

2. Menghormati privasi dan kerahasiaan subjek penelitian.

3. Menghornati keadilan dan inklusivitas.

 

Selain itu, pelanggaran terhadap kaidah-kaidah etika juga dapat memunculkan keraguan terhadap validitas yang dihasilkan dalam sebuah kajian penelitian sosial.

Demikian penjelasan tentang pentingnya memahami permasalahan etika dalam penelitian sosial.

 

 

Sumber Menjawab :

 

- Metode Penelitian Sosial ; Lilik Aslichati, H.I.Bambang Prasetyo, Prasetya Irawan; ISIP4216; Universitas Terbuka; Edisi Kedua

- Brake, M., & Hook, N. (2008). What is science? AQA.

- Moser, P. K. (2013). The theory of knowledge: a thematic introduction. Oxford University Press.

- https://www.kompas.com/skola/read/2022/07/11/090000269/perbedaan-etika-dan-etiket#:~:text=Etiket%20sifatnya%20relatif%20(apa%20yang,sisi%20dalam%20(rohaniah)%20seseorang.

- https://kumparan.com/berita-terkini/pentingnya-memahami-permasalahan-etika-dalam-penelitian-sosial-1z0GKi5jEMH/full