DISKUSI 3 TUTORIAL ONLINE AKUNTANSI MANAJEMEN (EKMA4314)



DISKUSI 3 :

Diskusikan kasus/soal dibawah ini! Dalam menjawab diskusi pastikan menggunakan referensi dan menggunakan kalimat yang saudara susun sendiri dan hindari tindakan plagiasi apapun bentuknya (misalnya copy paste dr internet, penggunaan ChatGPT dan sejenisnya). Terima Kasih.

Analisa aktifitas merupakan hal penting untuk dilakukan. Jelaskan menurut pengetahuan saudara mengenai analisa aktifitas yang saudara ketahui setelah membaca modul! Gunakan kalimat saudara sendiri!

 

PENDAPAT DISKUSI :

Analisis aktivitas didefinisikan oleh Hansen dan Mowen (2007:176) sebagai berikut: “Activity analysis is the process of identifying, describing, and evaluating, the activities an organization performs”. Sedangkan menurut Horngren dan Sunden (2008:89) mengemukakan analisis aktivitas adalah proses mengidentifikai biaya yang tepat dan pengaruhnya terhadap biaya pembuatan produk atau penyediaan layanan.

Jadi yang dimaksud dengan analisis aktivitas adalah suatu proses sistematis yang dilakukan oleh organisasi untuk mengidentifikasi aktivitas – aktivitas yang menjadi pemicu biaya dalam penciptaan suatu produk atau pemberian jasa kepada pelanggan sehingga aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah dalam dieleminasi guna mencapai efisiensi biaya.

Analisis aktivitas ini pada akhirnya akan mengarah pada manajemen aktivitas yang sangat berguna dalam membantu perusahaan untuk dapat mengklasifikasikan dan mengendalikan aktivitas – aktivitas dalam perusahaan serta menggunakan sumber daya yang ada dengan efisien sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan.

Menurut Hansen dan Mowen (2007:383) analisis aktivitas yang dilakukan oleh suatu organisasi akan menghasilkan 4 macam informasi, yaitu :

1. Aktivitas apa yang telah dilakukan.

2. Berpa banyak jumlah tenaga kerja yang melakukan aktivitas.

3. Waktu dan jumlah sumber daya yang diperlukan untuk melakukan aktivitas.

4. Penghitungan nilai aktivitas untuk organisasi, termasuk rekomendasi untuk memilih dan hanya mempertahankan akvitias yang menambah nilai.

 

 

Sumber Menjawab :

- Akutansi Manajemen ; I Made Narsa; EKMA4314; Universitas Terbuka; Edisi Keempat

http://e-journal.uajy.ac.id/11764/3/EA188112.pdf