TUGAS 1 TUTORIAL ONLINE KEWIRAUSAHAAN (ADBI4440)

 


TUGAS 1 :

Buatlah sebuah artikel dengan tema: “Peran wirausahawan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional”.

Isi dari artikel antara lain memuat:

  1. Latar belakang
  2. Argumentasi atau pembahasan
  3. Kesimpulan
  4. Daftar referensi

Ketentuan:

  1. Diketik dalam file ms word
  2. Ukuran font 12, ketikan 1,5 spasi
  3. Ukuran kertas A4
  4. Jumlah halaman: maksimal 5 halaman.
  5. Di upload di forum tugas yang telah tersedia

 

 

 PENYELESAIAN TUGAS 1 :

 

“Peran wirausahawan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional”.

 

LATAR BELAKANG

          Tingginya angka pengangguran dan rendahnya pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu masalah ekonomi. Dikutip dari buku Kewirausahaan: Teori dan Contoh Rencana Bisnis karya Asnawati, wirausaha dapat menjadi salah satu solusi masalah ekonomi di Indonesia. Lantas, bagaimana peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi nasional?

 

          Peran kewirausahaan dalam perekonomian nasional salah satunya yaitu menyediakan sejumlah lapangan kerja. Hal tersebut dapat mengurangi tingkat pengangguran dan menunjang kehidupan sosial yang lebih percaya diri.

 

          Menurunnya tingkat pengangguran akan berdampak terhadap naiknya pendapatan per kapita Indonesia, daya beli masyarakat, serta perekonomian nasional. Hal ini juga berdampak pada menurunnya tingkat kriminalitas yang disebabkan banyaknya pengangguran, seperti dikutip dari buku Kewirausahaan Berbasis Teknologi karya Riana Mayasari dan Indra Griha.



ARGUMENTASI ATAU PEMBAHASAN

         

          Berikut peran kewirausahaan dalam membangun ekonomi nasional selengkapnya. Peran Kewirausahaan untuk Ekonomi Indonesia :

1.Membuka jenis usaha baru

Pengembangan jenis usaha baru menambah heterogenitas usaha di Indonesia. Di samping menjadi kreatif dalam mengembangkan usaha, pengembangan ini juga memungkinkan perekrutan talenta baru atau penyerapan tenaga kerja.

2. Menyediakan lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja

Ketika seorang wirausahawan membuka usaha, maka ia juga dapat turut membuka lapangan kerja bagi tenaga kerja yang membutuhkan. Karena itu, secara langsung, kewirausahaan dapat mengurangi tingkat pengangguran dan menyerap tenaga kerja.

3. Mengurangi kesenjangan ekonomi

Dengan adanya wirausaha, masyarakat yang masih pengangguran dapat langsung bekerja karena lapangan pekerjaan telah tersedia. Dengan bekerja maka masyarakat akan mendapatkan penghasilan sehingga kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin bisa berkurang.

4. Menumbuhkan produktivitas nasional

Sebuah wirausaha dapat mengenalkan metode baru berproduksi yang lebih komersial, baik berdasarkan pengalaman maupun hasil kajian ilmiah dari suatu penelitian. Wirausaha juga dapat membuka pasar baru, baik dalam negeri ataupun di negara yang sebelumnya belum ada pasar. Keduanya dapat menumbuhkan produktivitas nasional.

5. Meningkatkan pendapatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional

Sebuah wirausaha dapat menggali sumber pasokan bahan baku baru bagi industri setengah jadi atau industri akhir. Wirausaha juga dapat mengenalkan produk baru dan kualitas baru dari suatu produk. Bentuk-bentuk wirausaha ini, bersama bentuk wirausaha yang menumbuhkan produktivitas nasional, juga mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi suatu negara dan pendapatan masyarakat.

6. Menambah pendapatan negara melalui pajak

Wirausahawan yang ada akan membayar pajak kepada negara. Dengan bertambahnya jumlah wirausaha setiap tahunnya, maka semakin banyak yang membayar pajak usaha kepada negara.

7. Mengombinasikan faktor-faktor produksi

Sebuah wirausaha dapat mengombinasikan berbagai faktor produksi dalam sebuah operasinya. Beberapa faktor produksi yang dapat dikombinasikan di antaranya seperti alam, tenaga kerja, modal, dan keahlian.

 

 

KESIMPULAN

          Peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah Indonesia merupakan negara berkembang mengingat jumlah penduduknya yang relatif banyak. Hal ini tentu berdampak pada kondisi ekonomi dan sosial yang belum merata kesejahteraannya. Masalah yang umumnya dihadapi oleh negara berkembang seperti Indonesia adalah tingginya tingkat kemiskinan dan pengangguran, rendahnya tingkat kesejahteraan dan pendidikan, mahalnya harga pangan dan kesehatan, dan sebagainya.

 

          Cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut diperlukanperan kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia. Melalui pengertian di atas, dapat diketahui peran wirausaha dalam perekonomian Indonesia adalah sangat diperlukan untuk menciptakan bisnis baru agar dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Dengan menciptakan lapangan kerja baru,peran kewirausahaan dalam perekonomian Indonesia adalah mengurangi pengangguran dan kemiskinan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

          Demikian pembahasan tentang peran kewirausahaan dalam membangun perekonomian nasional. Jadi peran kewirausahaan dalam pembangunan ekonomi nasional yaitu menyediakan lapangan pekerjaan hingga menumbuhkan produktivitas nasional.



 

DAFTAR REFERENSI  :

 

- Kewirausahaan ; Sam’un Jaja Raharja, Ratih Purbasari; ADBI4440; Universitas Terbuka; Edisi Kedua

- Kewirausahaan Berbasis Teknologi karya Riana Mayasari dan Indra Griha