SISTEM INFORMASI MANAJEMEN - 11 (ADPU4442)


DAFTAR ISI

TINJAUAN MATA KULIAH

KONSEP DAN KERANGKA DASAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
TINJAUAN TERHADAP STRUKTUR DAN KLASIFIKASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
KONSEP SITEM DAN INFORMASI
TINJAUAN TERHADAP DASAR-DASAR TEKNOLOGI SITEM INFORMASI
TEKNOLOGI KOMUNIKASI DATA
TEKNOLOGI PENYIMPANAN DAN DAN MANAJEMEN SUMBER DAYA DATA
SISTEM PEMROSESAN TRANSAKSI
DUKUNGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK PEMBUATAN KEPUTUSAN, PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN ORGANISASI
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN


MODUL 1
KONSEP DAN KERANGKA DASAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

KB 1 :
KONSEP DAN PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Komputer peralatan kantor utama dan telah ddijadikan teknologi pokok dalam pengolahan data dan penyajian inffomasi. Apalagi sejak aplikasi komputer bekembang pesat sehingga tercipta beerbagai teknik penyajian informasi yang interakttif dan komunikatif.
Berbagai organisasi peerusahaan, baik yang bergeerak dalam sektor retail maupun jasa, bahkan organsasi publik (instansi pmerrintah) telah meemanfaatkan teeknologi komputeer untuk menghasilkan inforrmasi sebagai dasar peengambilan beerbagai keeputusan penting. 
Contohnya ; Badan Pengadilan di berbagai neegara telah menggunakan sistem komputeerisasi untuk meengumpulkan dan menyampaikan inforrmasi yang penting dan relevan yang nantinya akan digunakan untuk bahan peengambilan keputusan.
Pergeseran peradaban manusia dari ekonomi geelombang keedua (the second wave economy) menuju peradaban geelombang ketiga (the third wave economy) sesungguhnya semakin memperrkuat pentingnya perhatian dan peengembangan terhadap Sistem Informasi Manajemen.
Menurut Toffler dikutip oleh Kumorotomo dan Margono ; Peradaban geelombang keetiga yang kini mulai jelas benttuknya adalah peradaban yang didukung oleh kemajuan teeknologi komunikasi dan pengolahan data, peenerbangan, dan aplikasi luar angkasa, energi alteernatif yang sedapat mungkin teerbarukan, bioteknologi, dan rekayasa genetika dengan komputer, dan mikroelektrronika sebagai teknologi intinya. Peradaban ini teelah menggantikan peeradaban manusia dalam era sebelumnya (geelombang kedua) yang ditandai deengan upaya mekanisasi dalam seemua asspeek keehidupan manusia.

Era gelombang ketiga telah membuka suatu babak baru dalam peeradaban umat manusia. Manusia dalam era ini sudah sangat beerganttung pada keetersediaan inforrmasi. Mulai dari bayi hingga dewasa, mulai dari kehidupan rumah tangga hingga perusahaan, mulai dari usaha buka warung