PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI NIAGA - 07

DAFTAR ISI

KONSEP DASAR ILMU ADMINISTRASI NIAGA
DASAR-DASAR BISNIS INTERNASIONAL
DASAR-DASAR KEWIRAUSAHAAN
DASAR-DASAR MANAJEMEN DAN KEORGANISASIAN
DASAR-DASAR PENGELOLAAN KEUANGAN PERUSAHAAN
DASAR-DASAR PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA
DASAR-DASAR PENGELOLAAN PEMASARAN
DASAR-DASAR PENGELOLAAN OPERASI PERUSAHAAN
KOMPONEN PENTING DALAM BISNIS MODERN


TINJAUAN MATA KULIAH
~ Sebelum seseorang memulai sebuah usaha bisnis, perlu terlebih dahulu mendapatkan pemahaman yang baik mengenai konsep dasar bisnis. Dasar-dasar yang dimaksud tersebut antara lain adalah bagaimana memulai usaha bisnis, dimana hampir setiap orang memiliki potensi untuk melakukannya.
~ Melihat kegiatan bisnis sebagai sebuah peluang untuk menciptakan manfaat bagi pelaku bisnis itu sendiri dan juga bagi orang lain dan juga masyarakat luas.
~ Memahami langkah-langkah utama yang dilakukan untuk memulai suatu usaha bisnis.
~ Memahami pihak-pihak yang terkait dalam pengelolaan bisnis (stakeholders)
~ Memahami fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan suatu bisnis
~ Dan yang paling penting adalah bagaimana membuat sebuah rencana bisnis atau bussines plan.

Mata Kuliah ini memberi gambaran dasar yang utuh dan sistematis mengenai berbagai kpengertian dan konsep yang berkaitan  dengan  pengantar Ilmu Administrasi Bisnis/Niaga, Konsep Dasar bisnis global, kewirausahaan dan berbagai fungsi utama dalam bidang bisnis seperti masalah organisasi, keuangan, SDM, pemasaran dan Operasi bisnis.


MODUL 1
KONSEP DASAR ILMU ADMINISTRASI NIAGA

Kegiatan Belajar 1
KONSEP DASAR ILMU ADMINISTRASI NIAGA

A. MENGAWALI USAHA BISNIS

Bisnis merupakan bentuk usaha yang menghasilkan produk atau jasa untuk pelanggan. Suatu usaha bisnis baik yang berskala kecil maupun besar, banyak menyerap tenaga kerja dan memproduksi barang dan jasa yang diminatai dan dibutuhkan oleh pelanggan.
Menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan dapat dilakukan siapa saja, termasuk oleh seorang penyanyi seperti Agnes Monica. Bisnis yang dilakukan oleh Agnes Monica adalah menghasilkan musik dan nyanyian yang disukai penggemar dan mengemasnya dalam bentuk album. 
Beberapa pertimbangan bisnis umum yang dilakukan Agnes Monica dalam membuat albumnya sebagai berikut :
1. Tipe musik apa yang akan dihasilkan (pertimbangan produk)
2. Bagaimana membuat atau menghasilkan musik tersebut sehingga dapat dinikmati dengan layak oleh pelanggannya (pertimbangan produksi)
3. Bagaimana album tersebut dipromosikan agar pelanggan tahu atau mengenal keberadaan album tersebut (pertimbangan promosi)
4. Bagaimana memperoleh sumber dana yang akan digunakan untuk mendanai biaya produksi maupun promosi dari album tersebut (pertimbangan finansial)

Dalam hal produk yang dihasilkan, sebagai penyanyi musik, Agnes Monica ingin memnghasilkan olah vokal yang sesuai dengan bakat yang dimilikinya dan bisa diterima penggemarnya. 
Pertimbangan produksi mencakup bagaimana menentukan instrumen, sound system, dan penyanyi latar. Lagu dan musik seperti apa yang harus diciptakan, dimana setiap lagu yang dihasilkan adalah bagian dari produk. Promosi perlu dilakukan untuk memperkenalkan dan meningkatkan penjualan album, ketika album tersebut sudah dapat diluncurkan. Biaya produksi akan mempengaruhi kondisi finansial.