FILSAFAT BISNIS - 08


DAFTAR ISI

TINJAUAN MATA KULIAH
KONSEP DASAR FILSAFAT BISNIS
MANUSIA DAN BISNIS
TUJUAN DAN MODAL DASAR DALAM BISNIS
PASAR DALAM FILSAFAT BISNIS
KEPEMIMPINAN DALAM BISNIS
BISNIS SEBAGAI PROFESI ETIS
SPIRITUALITAS DALAM BISNIS
KEADILAN DALAM BISNIS
BISNIS UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN


TINJAU MATA KULIAH

Filsafat Bisnis merupakan proses perenungan mendalam terhadap perilaku bisnis yang dilakukan secara sistematis dan objektif, dalam rangka mendapatkan pemahaman yang benar akan arti dan dinamika bisnis, serta kaitannya dengan esensi kehidupan manusia. Dalam melakukan perenungan, seorang filsuf dituntut untuk memiliki kualifikasi yang tinggi dalam memahami status dan perannya sebagai manusia yang memiliki nilai dan cita-cita luhur.

Mata Kuliah Filsafat Bisnis membahas mengenai pengertian filsafat, filsafat bisnis, manusia dan bisnis, tujuan bisnis, hakikat pasar, bisnis sebagai profesi etis, kepemimpinan dalam bisnis, spiritualitas dalam bisnis, keadilan dalam bisnis, dan membangun paradigma baru bisnis masa depan.


MODUL 1
KONSEP DASAR FILSAFAT BISNIS

Kegiatan Belajar 1
Definisi dan Cara Berpikir Filsafatis


Apa Itu Filsafat ?

Apa yang anda maknai dari gambar diatas? Sebuah patung kodok yang sedang merenung atau jauh dari itu? Itulah yang dimaksud dengan filsafat secara sederhana: Merenung. Merenung dalam arti mencoba memaknai dan memahami sesuatu, bukan sembarang merenung.
Akan tetapi, sebuah perenungan yang menghasilkan suatu wawasan atau pengetahuan yang sitematis. Setiap orang bisa merenung; tetapi tidak setiap orang mampu melakukan kegiatan filsafatis. Oleh karena itu luaran dari proses perenungan filsafatis adalah munculnya wisdom atau kebijaksanaan dalam diri seseorang menyangkut suatu hal tertentu secara mendalam dan komprehensif.