PRAKTIK BISNIS DI INDONESIA - 06 (ADBI4441)


DAFTAR ISI

TINJAUAN MATA KULIAH
MODUL 1 : KONSEP SISTEM EKONOMI INDONESIA
MODUL 2 : KONSEP DAN PRAKTIK BISNIS DI INDONESIA
MODUL 3 : PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI
MODUL 4 : PENANAMAN MODAL ASING (PMA)
MODUL 5 : DUNIA INDUSTRI DAN PERDAGANGAN
MODUL 6 : LEMBAGA KEUANGAN
MODUL 7 : KEBIJAKAN EKONOMI INDONESIA
MODUL 8 : KEWIRAUSAHAAN DAN PERAN PELAKU BISNIS DI INDONESIA
MODUL 9 : KASUS-KASUS PRAKTIK BISNIS DI INDONESIA


TINJAUAN MATA KULIAH

Merupakan Mata Kuliah yang bertujuan untuk memperkuat pemahaman mahasiswa tentang bagaimana penerapan praktek bisnis di Indonesia; Mendapat kesempatan untuk mengkaji berbagai konsep dasar sistem ekonomi Indonesia dan praktek bisnis di Indonesia.


MODUL 1 : 
KONSEP SISTEM EKONOMI INDONESIA

KB 1 : SEJARAH PEMIKIRAN DAN KONSEP DASAR SISTEM EKONOMI INDONESIA

A. SEJARAH PEMIKIRAN
1. Pemikiran Sistem Eakonomi Klasik
Salah satu hasil pemikiran kaum klasik telah mempelopori pemikiran sistem perekonomian liberal; bahwa perekonomian secara mikro akan tumbuh dan berkembang apabila perekonomian diserahkan kepada pasar. Peran pemerintah terbatas hanya penegakan hukum, menjaga keamanan dan pembangunan infrastruktur.

Menginspirasi "Washington Consensus"; Peran pemerintah didalam pembangunan lebih dititikberatkan kepada penertiban APBN, dan pemanfaatan/penggunaan kekuatan pasar.
"Washington Consensus" (10 Paket kebijakan ekonomi makro); Peran pemerintah dalam pembangunan harus dibatasi dan berorientasi kepada pembangunan infrastruktur, kesehatan dan pendidikan; Campur tangan berlebihan pemerintah dalam perencanaan pembangunan dikhawatirkan menimbulkan "Government Failure" seperti birokrasi berlebihan, KKN, dsb. Membatasi APBN dapat mengurangi defisit karena akan menimbulkan ketidakstabilan didalam ekonomi.