Diskusi 2 Tutorial Online Perilaku Organisasi (ADPU4431)

 


DISKUSI 2 :

Forum ini akan membahas dan mendiskusikan hal terkait budaya organisasi, perilaku, teori dan proses organisasi.

Para mahasiswa sekalian, memasuki abad ke-21 ini, organisasi senantiasa berhadapan dengan dinamika perubahan lingkungan.

Diskusikan

Bagaimana Saudara dapat menjelaskan hal ini dalam kaitannya dengan budaya organisasi, perilaku dan kinerja organisasi. Kaitkan dengan Pandemi Covod-19 ya

 Dalam berdiskusi, pergunakan teori dan konsep yang sesuai.

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

Sebagai Proses, organiasai selalu menyesuaikan diri dengan lingkungannya, baik internal maupun eksternal; Organisasi selalu berkembang dan dinamis, Lingkungan yang selalu berubah harus diantisipasi sebaik-baiknya. Sebagai Contoh, Lingkungan yang dihadapi organisasi pada tahun 1990 sampai berakhirnya abad ke-20 berbeda dengan lingkungan yang dihadapi organisasi tahun 1960-an atau 1970-an.

 

Agar suatu organisasi mampu berhadapan dengan lingkungan yang selalu berubah, maka ia memerlukan informasi dari lingkungan luarnya. Organisasi juga harus mampu mengarahkan anggotanya menuju kepada suatu kelompok yang berintegrasi dan dinamis. Intinya Organisasi perlu menganut sistem terbuka, yang mau memberi dan menerima informasi tentang apa saja yang berkaitan dengan tujuannya.

 

Pandemi Covid-19 juga membawa perubahan bagi suatu organisasi, Suatu pola kebiasaan baru (New normal) atau kenormalan baru bukan hal yang bisa dihindari. Hal ini disebabkan karena kenormalan baru merupakan salah satu hal yang disiapkan oleh pemerintah untuk menjaga kesehatan masyarakat luas sementara vaksin Covid 19 masih terus dijalankan dengan harapan didapati kekebalan komunal di masyarakat.

 

Dalam kenormalan baru ini diprediksi akan banyak sekali hal yang berubah. Diantaranya Kenormalan baru dari segi pola pikir, Salah satu perubahan paling mendasar dalam era kenormalan baru ini adalah perubahan mengenai pola pikir. Kita sama-sama sudah tahu bukan bahwa ada banyak sekali perubahan dalam pola pikir kita mengenai kesehatan dan kebersihan?

Ya, dulu kita nggak akan peduli apakah kita duduk di kursi dan meja yang bersih atau tidak, bahkan ada beberapa dari kita yang tidak teliti dan bahkan menduduki kursi dengan kotoran burung. Akan tetapi saat ini sudah beda. Banyak orang yang mulai membawa hand sanitizer dan juga tisu basah kemana-mana untuk sekedar melap bagian yang akan mereka gunakan.

Mereka yang dahulu bisa menyender secara sembarangan saat ini juga tidak bisa menyender di tempat-tempat yang asing. Ya saat ini hampir semua hal menjadi asing karena tidak ingin terpapar virus ini. Ya, kita tahu hal ini memang sangat merepotkan, hal ini tidak akan berakhir hingga saat solusi dari Covid 19 ini bisa dikendalikan.