Diskusi 1 Tutorial Online Pengantar Ilmu Administrasi Niaga (ADBI4130)

 


DISKUSI 1 :

Coba Anda amati perkembangan bisnis saat ini, terutama bisnis konvensional yang sangat terpuruk karena kehadiran perkembangan teknologi yang sangat pesat dan hal ini mempengaruhi perubahan lingkungan di sekitar kita terutama perubahan lingkungan budaya. Hal ini mempunyai dampak positif dan negatif terhadap kemajuan bisnis atau usaha di sekitar kita terutama usaha bisnis secara konvensional. Jelaskan argumentasi Anda, bagaimana sebaiknya pemerintah bertindak dalam mengatasi kondisi bisnis dan usaha yang saat ini terjadi?

Selamat berdiskusi. Partisipasi Anda dalam diskusi akan memperoleh nilai.

Salam: Tutor


PENDAPAT DISKUSI :

Penggunaan Teknologi pada pelaku Bisnis sekarang sangat masif. Terutama Pebisnis Konvensional di Indonesia harus dapat menyesuaikan diri dengan menggunakan Teknologi dalam menjalankan Bisnisnya.

Adopsi Teknologi atau Digital merupakan sesuatu yang tidak terelakkan. Bisnis konvensional harus dapat beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen supaya tetap relevan dan dapat berkompetisi.

Di Indonesia, perkembangan ekonomi digital relatif baik di mana banyak industri konvensional bersinergi dengan perusahaan teknologi untuk saling memberikan nilai tambah. Kita juga melihat bisnis konvensional mulai mengembangkan layanan digitalnya seperti yang terjadi di sektor perbankan.

Pemerintah diharapakan berperan dan tidak tinggal diam untuk memfasilitasi penggunaan Teknologi bagi Usaha Konvensional terutama Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) agar mereka tetap eksis sebagai pendukung utama perkembangan perekonomian nasional.