Diskusi 1 Tutorial Online Praktik Bisnis di Indonesia (ADBI4441)

 


DISKUSI 1 :

Pada era pandemi covid 19 sekarang terjadi perubahan sistem ekonomi baru yang mengacu pada era new normal dan beberapa sistem ekonomi yang terdapat di dunia ini, ada beberapa yang cocok diterapkan di Indonesia. Perubahan sistem ekonomi secara global, dapat menumbuhkan kreativitas pelaku bisnis di Indonesia.

Bagaimana Pendapat Anda tentang pernyataan di atas?

Diskusikan pendapt Anda dengan teman lainnya. Berikan tanggapan terhadap pendapat teman lain, sehingga terjadi diskusi yang mendalam. Berikan argumentasi secara ilmiah dalam memberikan tanggapan. Jangan takut salah dalam memberikan tanggapan, karena Anda sedang dalam proses belajar.

Selamat berdiskusi.

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

Pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh wilayah dunia, dan Indonesia termasuk di dalamnya. Indonesia berjuang melawan Covid-19 dengan memodifikasi kebijakan karantina wilayah (lockdown) menjadi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang selanjutnya dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel  yang bersifat lokal sesuai tingkat keparahan di wilayah provinsi, kabupaten, atau kota.

Selama masa pandemi ini, perekonomian dunia dan Indonesia mengalami pelambatan. Pemerintah dan lembaga kajian strategis memprediksi Indonesia tumbuh rendah atau bahkan negatif di tahun 2020. Untuk itu, Pemerintah berupaya mengagendakan kebijakan Normal Baru agar dampak ekonomi akibat pandemi tidak sampai menimbulkan krisis yang berkepanjangan.

Kenormalan baru (new normal) adalah membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan tetap menggunakan protokol kesehatan terkait COVID-19. Kenormalan baru merujuk pada perubahan perilaku yang harus dilakukan oleh seluruh warga setelah menjalani PSBB dan PPKM.

 

Demikain Pelaku Bisnis dapat membaca peluang bisnis yang bisa diambil dengan berlangsungan Kenormalan Baru, Penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan kewajiban penggunaan Alat Pelindung Diri diantaranya penggunaan Masker bisa diambil celah bagi Industri Kesehatan. Demikian juga Menjaga Kondisi Kesehatan memerlukan asupan vitamin dan Mamin Kesehatan menjadi peluang bagi Industri Farmasi Modern maupun Tradisional.