Diskusi 1 Tutorial Online Sistem Informasi Manajemen (ADPU4442)

 


DISKUSI 1 :

Sistem informasi manajemen (management information system) mungkin sudah sangat akrab bagi kalangan yang terlibat dalam pengelolaan sebuah perusahaan/pemerintahan sehingga sangat penting untuk memahami sistem informasi manajemen, dan memahami instrumen apa saja yang dapat digunakan dalam mengukur kualitas sistem informasi manajemen tersebut, berkan pendapat saudara dan landasan teori serta contohnya. 

Selamat berdiskusi....

 

PENDAPAT DISKUSI :

Menurut Goyal; Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem yang terdiri atas sekumpulan orang, prosedur, mesin, database, dan model data sebagai elemen-elemennya. Ketika sistem ini berfungsi mengumpulkan berbagai data, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar organisasi, kemudian mengolah data tersebut dan menyediakan “informasi manajemen” untuk membantu para manajer atau pengambil keputusan dalam proses pengambilan keputusan.

Sistem Informasi Manajemen lebih dipandang sebagai sebuah sistem yang terintegrasi (integral) dan bukan sebuah sistemtunggal yang setiap bagiannya terpisah-pisah. Contoh dari Sistem Informasi ini adalah pada Sistem Informasi Penerbangan, Sebuah Bandara akan menyerap informasi dari pusa data – pusat data yang dijalankan oleh banyak personal dalam mengumpulkan berbagai data yang diperlukan pada pengoperasional sebuah Bandara. Baik data cuaca, pesawat, keamanan, penumpang, lalu lintas penerbangan, dan sebagainya.