Diskusi 1 Tutorial Online Kepemimpinan (ADPU4334)

 


DISKUSI 1 :

Saudara mahasiswa, setelah Anda menyimak materi inisiasi/Modul 1, silakan diskusikan pertanyaan berikut.

Mengapa dalam organisasi peran Kepemimpinan sangat menentukan baik buruknya manajemen organisasi? Kemukakan pandangan/argumentasi Anda, dan coba berikan contohnya!

Catatan;

  • Jelaskan menurut pemahaman/argumentasi Anda dengan mengacu pada konsep/teori yang relevan. Tanggapan yang diberikan bukan merupakan “hasil jiplakan" atau "copy paste” (hindari plagiarisme).
  • Cantumkan sumber/referensi tanggapan Anda.

Selamat berdiskusi…!


PENDAPAT :

Menurut Dubin dalam Fieldler dan Chemers, Kepemimpinan adalah aktivitas para pemegang kekuasaan dan pembuat keputusan. Kaitan dengan Manajemen suatu Organisasi, para ahli manajemen berpendapat bahwa kepemimpinan sebagai suatu konsep manajemen di dalam kehidupan organisasi mempunyai kedudukan strategis dan merupakan gejala sosial yang sangat diperlukan dalam kehidupan berkelompok (organisasi).

Kepemimpinan merupakan titik sentral dan dinamisator seluruh proses kegiatan organisasi. Kepemimpinan mutlak diperlukan bila terjadi interaksi kerja sama antara dua atau lebih dalam mencapai tujuan organisasi.

Menurut Gary Yukl; Kepemimpinan adalah suatu proses Pemimpin mempengaruhi pengikut untuk menginprestasikan keadaan, pemilihan tujuan organisasi, pengorganisasian kerja, dan memotivasi pengikut untuk mencapai tujuan organisasi, mempertahankan kerja sama dan tim kerja, mengorganisasikan dukungan dan kerja sama dengan dengan orang dari luar organisasi.

Demikianlah pentingnya posisi dan peran strategis kepemimpinan seorang pemimpin dalam memimpin organisasi, Maju dan berkembangnya suatu organisasi tergantung pemimpinnya, demikian juga sebaliknya pemimpin yang tidak cakap akan membawa kemunduran bahkan kehancuran suatu organisasi.

 

Sumber : Kepemimpinan, BMP ADPU4334, Universitas Terbuka.