Diskusi 2 Tutorial Online Pengantar Ilmu Ekonomi (ISIP4112)

 


DISKUSI 2 :

Pada sesi 2, anda telah mempelajari mengenai Permintaan, Penawaran, dan keseimbangan harga. 

Menurut anda, faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan individu dalam menentukan jumlah permintaan? Apakah anda setuju dengan pernyataan "  Jika harga suatu jenis barang rendah, maka permintaan atas barang tersebut akan semakin banyak. Sebaliknya jika harga suatu jenis barang tersebut tinggi, maka permintaan atas barang tersebut akan cenderung rendah ". 

Selamat berdiskusi. Sukses selalu. 

Salam

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

Keputusan yang dilakukan oleh individu dalam menentukan jumlah suatu jenis barang yang diminta, tergantung pada faktor-faktor berikut :

1. Harga barang

2. Jumlah pendapatan yang diperoleh

3. Tingkat Kekayaan individu secara keseluruhan

4. Harga barang lain sejenis yang merupakan barang pengganti (barang substitusi) atau barang pelengkap (barang komplemen) dari barang yang akan dikonsumsi.

5. Citra rasa dari individu terhadap barang tersebut

6. Harapan individu terhadap pendapatan, harga, dan perekonomian masa depan.

 

Setuju dengan Pernyataan "  Jika harga suatu jenis barang rendah, maka permintaan atas barang tersebut akan semakin banyak. Sebaliknya jika harga suatu jenis barang tersebut tinggi, maka permintaan atas barang tersebut akan cenderung rendah ".

Pernyataan tersebut merupakan bunyi dari Hukum Permintaan yang menggambarkan hubungan antara jumlah yang diminta dengan tingkat harga yang berlaku. Berdasarkan hukum permintaan ini maka terlihat adanya hubungan negatif antara harga dan kuantitas (jumlah) yang diminta.