Diskusi 2 Tutorial Online Sistem Informasi Manajemen (ADPU4442)

 


DISKUSI 2 :

Silahkan berdiskusi

1) Apa yang dimaksud dengan Sistem Deterministik ?

2) Sebutkan syarat – syarat sebuah sistem ?

3) Sebutkan dan jelaskan dimensi  informasi!

 

Selamat berdiskusi...........

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

 

1) Apa yang dimaksud dengan Sistem Deterministik ?

Sistem Deterministik adalah sistem yang beroperasi pada suatu cara yang dapat diprediksi dengan tepat. Interaksi diantara berbagai bagian dalam sistem dapat diketahui secara pasti. Dalam sistem ini, apabila diketahui tentang kondisi dari sistem pada satu titik tertentu dalam satu waktu tertentu serta diketahui pula tentang pengoperasian dari sistem tersebut maka kondisi berikutnya dari sistem tersebut dapat ditentukan dengan tepat tanpa kesalahan.

Contoh : Program komputer yang benar akan melakukan tugas dengan tepat sesuai dengan seperangkat instruksi/perintah.

 

2) Sebutkan syarat – syarat sebuah sistem ?

Menurut Janry Haposan U. P. Simanungkalit syarat-syarat sebuah sistem adalah :

1.    Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan tujuan.

2.    Elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan.

3.    Adanya hubungan di antara elemen sistem.

4.    Unsur dasar dari proses (arus informasi, energi, dan material) lebih penting dari pada elemen sistem.

5.    Tujuan organisasi lebih penting dari pada tujuan elemen.

 

3) Sebutkan dan jelaskan dimensi  informasi !

Informasi dapat dipahami dari berbagai dimensi yang dimiliki Informasi. Menurut Goyal, terdapat 3 (tiga) dimensi informasi yang menjadi perhatian utama :

1.    Dimensi Ekonomis (Economic Dimension) : Dimensi dari informasi ini merujuk pada perbandingan antara biaya informasi dengan manfaatnya. Menghasilkan informasi pada dasarnya membutuhkan sejumlah biaya.

2.    Dimensi Bisnis (Business Dimension) : Informasi dapat pula dipahami dari dimensi bisnisnya. Berbagai jenis informasi yang berbeda dibutuhkan oleh para manajer dalam tingkatan hirarki manajemen yang berbeda. Hal ini dikarenakan pada pelaksanaanya para manajer pada tingkat yang berbeda diharuskan untuk melakukan fungsi-fungsi yang berbeda dalam organisasi.

3.    Dimensi Teknikal (Technical Dimension) : Dimensi ini mengacu pada aspek teknis dari database. Berbagai aspek dari Database yang turut dipertimbangkan dalam dimensi ini antara lain mencakup kapasitas database, waktu respon, keamanan, validitas, saling keterkaitan antara data, dan lain-lain.Dimensi Teknis pada dasarnya menjadi cakupan dari perancangan sistem informasi dan berada dibawah pembahasan dari sistem manajemen database.