Diskusi 1 Tutorial Online Sistem Ekonomi Indonesia (ISIP4310)

 



Secara umum, sistem ekonomi dapat dimaknai sebagai suatu keseluruhan sistem yang tersusun dari sub-sub sistem yang lebih kecil seperti pranata-pranata ekonomi, sosial politik dan ide-ide yang di antara mereka saling berinteraksi untuk menumbuh-kembangkan perekonomian nasional. Tetapi tidak selamanya keseluruhan sistem yang ada dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan. 

Menurut pendapat Saudara,

  1. SEI yang ada sekarang apakah bisa bersaing dengan Sistem Ekonomi negara lain di tengah pasar bebas saat ini? 
  2. Masalah apa saja yang bisa terjadi  dalam Sistem Ekonomi Indonesia ? 

Selamat berdiskusi!


PENDAPAT DISKUSI :

1. Sistem Ekonomi Indonesia (SEI) adalah sistem ekonomi yang berdasar pada falsafah Pancasila; adalah suatu sistem ekonomi yang berorientasi pada asas kebersamaan dan kekeluargaan.

Ditengah pasar bebas saat ini Sistem Ekonomi Indonesia ditenggarai mampu bersaing dengan sistem ekonomi negara lain. Karena pada Sistem Ekonomi Indonesia yang berdasar pada falsafah Pancasila mengandung konsep sintetis tentang masyarakat yang bertitik tolak dari pandangan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Konsep yang mengandung unsur-unsur : asas usaha bersama dan kekeluargaan, pandangan organis tentang masyarakat, dan asas keadilan sosial.

 

2. Dalam Sistem Ekonomi Indonesia masalah yang mungkin akan terjadi jika terjadi kurang harmonisasi Keberadaan tiga pelaku ekonomi yang ada, yakni : swasta, negara dan Koperasi.

Karena ketiga pelaku ekonomi Indonesia ini mencerminkan pengakuan terhadap perlunya pemenuhan kepentingan individu dan kepentingan masyarakat. Ketiga pelaku ekonomi tersebut harus dapat bekerja sama untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

 Selain itu masalah Ekonomi Indonesia yang bisa terjadinya karena turunnya pertumbuhan ekonomi baik disebebakan oleh ekonomi mikro maupun makro ekonomi. Juga kejadian luar biasa yang sebelumnya tidak diantisipasi secara dini, misalnya wabah penyakit covid19 saat ini yang mempengaruhi bukan hanya perekonomian nasional tetapi juga perekonomian dunia.