Diskusi 2 Tutorial Online Sistem Ekonomi Indonesia (ISIP4310)

 


DISKUSI 2 :

Setelah mempelajari materi tentang Sistem Ekonomi Kapitalisme dan Komunisme,  kemukakan  pendapat Saudara,

  1. sistem ekonomi manakah yang dianggap paling bisa mensejahterakan masyarakatnya dan relatif memiliki ketahanan dalam  menghadapi krisis ekonomi ?
  2. kelebihan dan kekurangan dari sistem ekonomi kapitalisme.

 

Selamat berdiskusi!

 

PENDAPAT DISKUSI :

1. Sistem Ekonomi manakah yang dianggap paling bisa mensejahterakan masyarakatnya dan relatif memiliki ketahanan dalam menghadapi krisis ekonomi ?

Dalam menghadapi Krisis Ekonomi dan dianggap bisa mensejahterakan masyarakatnya dan relatif memiliki ketahanan di negara-negara yang belum maju secara ekonomi dan belum memiliki ketangguhan pranata-pranata ekonomi maka Sistem ekonomi Komunis terlihat lebih bisa diandalkan. Keterlibatan Negara dalam kegiatan ekonomi dan penguasaan negara atas sumber-sumber produksi ekonomi yang penting diharapkan dapat menjaga stabilitas perekonomian negara dan pemerataan kesejahteraan bagi seluruh masyarakatnya.

2. Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Kapitalisme :

Kelebihan :

a. Persaingan yang mampu mendorong orang untuk bertindak lebih efisien dan efektif

b. Produksi didasarkan pada kebutuhan pasar / masyarakat.

 Kekurangan :

a. Persaingan bebas bisa menyebabkan penindasan kaum kuat kepada yang lemah. Kebebasan yang akan mengarah kepada monopoli. Monopoli dapat menghilangkan kemerdekaan seseorang, padahal kemerdekaan merupakan tujuan utama sistem ekonomi kapitalis.

b. Individu lebih mementingkan diri sendiri karena motif keuntungan.

c. Dalam perdagangan internasional pemerintah harus ikut campur tangan, misalnya tentang valuta asing, embargo ekonomi, dan pajak/biaya masuk.

d. Rawan terjadinya krisis; Mekanisme pasar tidak dapat mengatasi keadaan apabila terjadi krisis ekonomi, Karena pemerintah harus ikut campur tangan untuk mengembalikanpada keadaan ekuilibrium.