Diskusi 2 Tutorial Online Pengantar Ilmu Administrasi Niaga (ADBI4130)

 


DISKUSI 2 :

DISKUSIKAN

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi sesi 2, diskusikan materi berikut ini:

Asisten Deputi Pengembangan Logistik Nasional Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian mengatakan Indonesia memiliki beberapa tantangan dan masalah dalam ekspor. Saat ini, pasar dunia mengalami perubahan permintaan yang begitu cepat dari segi diversifikasi produk barang dan jasa, serta harganya yang semakin kompetitif. “Tantangan lainnya adalah persaingan regional dalam pengembangan produk bernilai tambah dan akses pasar serta pembangunan konektivitas inland ke pasar global,”

Sementara itu, masalah yang harus dihadapi yakni komposisi ekspor yang masih didominasi komoditas dasar serta begitu lambat diversifikasi produk bernilai tambah. Masih lambatnya perkembangan penetrasi pasar ekspor ke negara-negara nontradisional juga jadi kendala.

Indonesia juga memiliki sedikit perjanjian-perjanjian perdagangan internasional yang dapat membuka akses pasar. Masalah terakhir yakni terbatasnya sumber ekspor yang memiliki keunggulan di setiap wilayah. Padahal, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang variatif. Sebelumnya Presiden RI ingin Indonesia lebih fokus dan konsentrasi pada investasi dan perdagangan luar negeri seperti sektor industri.

Dengan sumber daya manusia yang melimpah, Presiden RI merasa ada yang salah dan perlu diubah. Berikan pendapat dan argumentasi Anda untuk uraian di atas.

Selamat berdiskusi.

Salam: Tutor 

 

 

PENDAPAT DISKUSI :