Tugas 3 Tutorial Online Pengantar Sosiologi

Tugas.3

Kerjakanlah Tugas 3 berikut ini

Kemukakan analisis Anda tentang mengapa keluarga  memiliki peran atau sumbangan  yang penting di masyarakat dilihat dari sudut pandang perspektif fungsional.

Selamat mengerjakan


PENYELESAIAN :

Perspektif fungsionalis melihat masyarakat sebagai suatu jaringan kelompok yang bekerja sama secara terorganisir, teratur dan bernilai yang dianut sebagian masyarakat tersebut. Masyarakat dilihat sebagai suatu sistem yang stabil dengan suatu kecenderungan menjaga kestabilan dan keseimbangan.

Talcott Parson, Kings Loin Davis, dan Robert K. Merton merupakan tokoh dalam perspektif fungsionalis. Mereka berpendapat bahwa perbuatan atau tindakan dilakukan karena memiliki fungsi. Kalau sesuatu tidak berfungsi, maka hal itu lambat laun akan hilang. Pola perilaku hilang bila tidak berfungsi.

Dalam Perspektif Fungsionalisme adalah melihat keluarga sebagai suatu institusi yang memberikan sumbangan yang sangat signifikan bagi keberlangsungan masyarakat, karena masyarakat sebagai unit yang besar disusun atas unit kecil yang salah satunya adalah unit keluarga.

Hubungan antara keluarga dan masyarakat digambarkan dalam posisi keluarga sebagai jembatan penghubung antara individu (sebagai anggota keluarga) dengan masyarakat. Didalam keluarga individu pertama kali mengenal dan belajar tentang norma-norma dan harapan-harapan masyarakat. Sementara norma-norma dan nilai-nilai yang ada di masyarakat akan disaring lebih dahulu dalam keluarga sebelum sampai kepada individu. Keluarga berfungsi sebagau transfer kebudayaan masyarakat kepada individu. Sumbangan-sumbangan yang diberikan oleh institusi keluarga bagi keberlangsungan masyarakat dalam berbagai hal diantaranya : reproduksi masyarakat, pengaturan fisik, penempatan sosial, sosialisasi, dukungan emosional, dan kontrol sosial.