Tugas 1 Tutorial Online Pengantar Ilmu Politik


Tugas.1

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 10 Desember sebagai Hari HAM Sedunia. Di Indonesia sendiri HAM masih menjadi PR bagi pemerintahan. Sepertinya, penuntasan pelanggaran HAM masih jauh dari cita-cita. Nuansa politis menjadi hambatan terbesar untuk menyelesaikan kasus-kasus HAM terutama kasus-kasus masa lalu. Tambahan lagi, masalah pelanggaran HAM sudah meluas ke masalah pelanggaran terkait SDA.

Pilih salah satu topik:

  1. Pelanggaran Izin Pertambangan.

  2. Pelanggaran Pencemaran Laut di perairan Indonesia.

Jenis Tugas: Esai 

Petunjuk Penulisan Esai:

Buatlah argumentasi pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia sesuai topik yang Anda pilih. Kaitkan argumentasi Anda dengan konsep, pengertian dan ruang lingkup yang Anda pelajari pada Modul 3 serta pelajari pula Peraturan PerUUan tentang Lingkungan Hidup. Bagaimana Anda memahami pelanggaran HAM terkait SDA di Indonesia. Penyusunan argumentasi berbentuk esai singkat.

Aspek2 yang harus ada pada tulisan/argumentasi yaitu:

  1. Pendahuluan: uraikan latar belakang sesuai topik
  2. Pembahasan: uraikan hasil analisis sesuai topik (dari data/informasi dari sumber2 referensi) dan kaitkan ide/gagasan dengan konsep/teori dan definisi yang telah dipelajari pada Modul 4.
  3. Kesimpulan
  4. Sumber referensi yang digunakan minimal 5

Petunjuk Pengerjaan Tugas:

  1. Jawaban dibuat dalam format paper dengan tipe file word, rtf atau pdf
  2. Menggunakan huruf Times New Roman,  Font 12, spasi 1.5 dan layout A4.
  3. Tulisan minimal 2 halaman dan tidak lebih dari 5 halaman
  4. Tidak dibenarkan melakukan copy-paste tanpa mencantumkan sumber. Segala tindakan copy-paste tidak adakan diberi nilai untuk tugas tersebut dan atau diberi nilai 0.
  5. Mencantumkan 5 sumber referensi berupa buku, artikel ilmiah, atau artikel baerita dari portal berita. Tidak dibenarkan menggunakan referensi dari wikipedia, blogspot, wordpress.
  6. Sumber dan contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia harus dari website yang kredibel.
  7. Unggah tugas dengan format .doc atau .docx dengan contoh file sitinurbaya<>NIM<>T1<>ISIP4212 atau sitinurbaya 1234567 T1 ISIP4212

Selamat mengerjakan Tugas 1.