DISKUSI 7 TUTORIAL ONLINE MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (ADBI4438)

 

DISKUSI  7 :

Teman2 sekalian...

Pada diskusi yang ketujuh ini, kita akan membicarakan tentang kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). Pertanyaannya....mengapa kegiatan Diklat bagi para karyawan sangat penting dilakukan dalam suatu instansi/kantor, baik di kantor pemerintah maupun swasta ?.

Selamat berdiskusi

 

 

PENDAPAT DISKUSI :

Menurut pendapart Edwin B.Flippo kegiatan pelatihan dan pengembangan memiliki nilai yang penting diantaranya :a. meningkatkan produktivitas kerja, baik dalam kuantitas maupun kualitas kerjab. mengurani tingkat kecelakaan dalam bekerjac. mengurangi pengawasan ketika bekerjad. meningkatkan stabilitas dan fleksibilitas organisasie. mempertinggi tingkat moral karyawan Menurut pendapart Edwin B.Flippo kegiatan pelatihan dan pengembangan memiliki

nilai yang penting diantaranya :

a. meningkatkan produktivitas kerja, baik dalam kuantitas maupun kualitas kerja

b. mengurani tingkat kecelakaan dalam bekerja

c. mengurangi pengawasan ketika bekerja

d. meningkatkan stabilitas dan fleksibilitas organisasi

e. mempertinggi tingkat moral karyawan

Pendidikan dan Pelatihan (Pengembangan)  merupakan salah satu kebutuhan pokok sebuah organisasi (instansi / kantor / perusahaan) baik milik pemerintah maupun swasta. Sejalan dengan berjalannya waktu, dunia berkembang semakin pesat pula, jika suatu organisasi ingin tetap bertahan, maju, dan berkembang, maka mau tidak mau tiap personel atau karyawannya harus pula mengikuti perkembangan itu. Untuk itu, organisasi (instansi/ kantor / perusahaan ) secara berkala membutuhkan pendidikan dan pelatihan (pengembangan) internal agar tidak tergilas dengan roda jaman yang semakin berkembang.

 

Pendidikan dan Pelatihan (Pengembangan) pada dasarnya merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang menekankan pada peningkatan keahlian, sikap, dan pengetahuan.  Oleh karenanya, prinsip pendidikan dan pelatihan (pengembangan) serupa dengan prinsip-prinsip pembelajaran, mulai dari desain sampai dengan evaluasinya.

 

Menurut Pendapat Edwin B. Flippo kegiatan pelatihan, pendidikan dan pengembangan memiliki nilai yang penting diantaranya :

1. Meningkatkan produktivitas kerja, baik dalam kuantitas maupun kualitas kerja

2. Mengurangi tingkat kecelakaan dalam bekerja

3. Mengurangi pengawasan ketika bekerja

4. Meningkatkan stabilitas dan fleksibilitas organisasi

5. Mempertinggi tingkat moral karyawan.

 

 

Sumber :

Iswanto, Yun dan Yusuf, Adie. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Universitas Terbuka