DISKUSI 7 TUTORIAL ONLINE ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111)

 

DISKUSI  7 :

Forum Diskusi 7 ISIP4111

Setelah Saudara mempelajari Materi Inisiasi 7 serta modul UT, silahkan berdiskusi mengenai Ketrampilan manajerial apa saja yang diperlukan dalam sebuah organisasi.

Selamat berdiskusi. Tetap semangat.

Salam: Tutor

 

PENDAPAT DISKUSI 7 :

Sebagaimana disepakati oleh para ahli organisasi dan manajemen bahwa dalam sebuah organisasi terdapat tingkatan atau hierarki manajerial. Setiap hierarki memiliki tugas-tugas yang berbeda. Oleh karena itu hierarki manejerial akan berkaitan dengan keterampilan manajerial yang berbeda.

Secara umum level manajerial dibagi dalam tiga hierarki yaitu : (1) level atau dikenal dengan top management;  (2) level menengah atau dikenal dengan istilah middle management; (3) dan level bawah atau dikenal dengan lower management. Pada level praktik atau tingkatan  manajerial lebih kompleks dan lebih beragam. Hal ini tergantung kepada ukuran atau besaran organisasi, jangkauan atau luasan wilayah geografis organisasi  dan lain-lain.

Tugas untuk memimpin sebuah organisasi merupakan tugas yang sangat kompleks dan rumit, baik organisasi besar maupun organisasi kecil. Mungkin sementara orang melihat atau memandang bahwa hanya organisasi besar saja yang memiliki kompleksitas dan kerumitan, sementara organisasi kecil dianggap sebaliknya.

Untuk mampu mengelola organisasi dibutuhkan sejumlah keterampilan yang kemudian dikenal dengan Keterampilan Manajerial. Secara umum ada 3 Ketarampilan manajerial yang dikenal yaitu (1) Keterampilan Konseptual; (2) Keterampilan Interpersonal; dan (3) Keterampilan Teknis. Ada juga yang menambahkan dengan dengan 2 keterampilan lagi yaitu; (4) Keterampilan Diagnostik; dan  (5) Ketarampilan Politik.

(1) Keterampilan Konseptual;

Keterampilan Konseptual sesuai dengan namanya yaitu kemampuan seorang pemimpin, secara kognitif (berbasis pengetahuan teoritis, termasuk pengetahuan berdasarkan pengalaman) dan efektif (berbasis pemahaman atas peristiwa, kondisi) untuk melihat secara menyeluruh (holistik) baik internal maupun eksternal organisasi.

Keterampilan yang menuntut seorang pemimpin memiliki kepekaan terhadap kondisi dan perubahan lingkungan. Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan berpikir strategis, jangka panjang, visi jauh ke depan, mampu mengevaluasi setiap proses perjalanan organisasi dan memecahkan perosalan-persoalan organisasi dengan keputusan-keputusan yang berdimensi jangka panjang.

(2) Keterampilan Interpersonal; dan

Keterampilan Interpersonal (sering juga disebut keterampilan hubungan antar manusia), merupakan suatu keterampilan untuk bisa bekerja (sama) dengan orang lain, baik sebagai pemimpin maupun sebagai anggota tim. Keterampilan ini sebenarnya harus dimiliki oleh setiap orang, apakah pada level pemimpin/manajerial maupun pada level pelaksana, bahkan oleh seorang pegawai pelaksana sekalipun.

(3) Keterampilan Teknis.

Keterampilan Teknis dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memahami  dan menguasai dengan baik metode, peralatan, teknik pengerjaan yang digunakan untuk melaksanakan tugas tertentu. Dalam penggunaan sehari-hari, kadangkala keterampilan teknis ini sering diistilahkan dengan Kompetensi. Padahal keterampilan Teknis dan Kompetensi merupakan dua istilah yang berbeda.

Keterampilan Teknis membutuhkan pengetahuan khusus yang bersifat khusus, analisis dan kemampuan menggunakan alat serta teknis tertentu untuk memecahkan masalah dalam bidang pekerjaan tersebut. Karena keterampilan ini bersifat teknis, maka umumnya dibutuhkan pada tingkat organisasi yang lebih bawah atau pada level kepemimpinan tingkat pertama.

(4) Keterampilan Diagnostik;

Keterampilan ini dicirikan oleh kemampuan seseorang untuk melakukan investigasi atau penelitian atas msalah-masalah yang terjadi dalam organisasi, selanjutnya memutuskan bagaimana masalah tersebut diperbaiki dengan menerapkan solusi yang dipilihnya. Keterampilan ini secara simultan digunakan atau diterapkan dengan melibatkan atau menggunakan keterampilan lainnya yaitu konseptual, teknis, dan interpersonal.

(5) Ketarampilan Politik.

Keterampilan Politik dalam arti positif digunakan oleh pimpinan dengan cara memanfaatkan kekuasaan dan kewenangan yang ada pada dirinya untuk mencapai tujuan organisasi. Oleh karena itu keterampilan ini memerlukan kekuasaan dan sekaligus kemampuan untuk menjaga atau menghindarkan kekuasaan ini jatuh atau diambil ali oleh orang lain  dan disalahgunakan Ketrampilan Politik tidak dapat berdiri sendiri, dan tidak boleh digunakan secara terpisah dengan keterampilan yang lain.

Keterampilan politik dibutuhkan pada level pimpinan tingkat atas merupakan salah satu persyaratan dalam rangka interaksi dan berhubungan dengan pesaing, pemasik, pelanggan, pemegang saham, pemerintah, dan masyarakat umum.

 

 

Sumber : Raharja, Jaja, Sam’un. (2022). Asas-Asas Manajemen. Jakarta : Universitas Terbuka