DISKUSI 8 TUTORIAL ONLINE ASAS-ASAS MANAJEMEN (ISIP4111)

 

DISKUSI  8 :

Forum Diskusi 8 ISIP4111

Kita sudah sampai pada sesi akhir tutorial online ISIP4111-Asas Asas Manajemen. Silahkan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berdiskusi, bertanya, dan mengerjakan tugas yang diberikan untuk menambah nilai.

Untuk diskusi terakhir ini, menurut Saudara, faktor apa saja yang dapat mempengaruhi manajemen di Masa Kini dan Masa Depan? Diskusikan dengan teman-teman Saudara.

Selamat berdiskusi. Tetap semangat. Semoga sukses.

Salam: Tutor

 

PENDAPAT DISKUSI 8 :

Faktor apa saja yang dapat mempengaruhi manajemen di Masa Kini dan Masa Depan?

Dunia dan lingkungan selalu berubah. Hal ini juga terkait dengan sifat organisasi sebagai suatu sistem terbuka yang dipengaruhi dan mempengaruhi lingkungan. Oleh karena itu salah satu sikap yang baik adalah bagaimana perubahan ini direspons dengan baik sehingga setiap orang maupun organisasi akan senantiasa adaptif terhadap perubahan.

Demikian juga dengan Manajemen yang pasti akan juga mengalami perkembangan atau perubahan dengan seiring waktu, baik dimulai dari sekarang (Manajemen Masa Kini) maupun di masa yang datang (Manajemen Masa Depan)  banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi suatu manajemen. Faktor-faktor tersebut  terdiri dari dua bagian, yaitu Internal dan Eksternal.

FAKTOR INTERNAL :

Salah satu faktor yang mempengaruhi suatu manajemen di bagian internal adalah Keterampilan Manajer, karena manajer memiliki 4 kriteria yaitu sebagai berikut :

1.      Keterampilan Konsepsual, Kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan keseluruhan kepentingan dan kegiatan organisasi.

2.      Keterampilan Kemanusiaan, Bekerja dengan memahami dan memberi motivasi bagi orang lain atau bawahannya baik secara individu ataupun kelompok.

3.      Keterampilan Administratif, Dapat menguasai organisasi secara keseluruhan.

4.      Keterampilan Teknik, Penggunaan alat-alat atau teknik bidang tertentu.

 

FAKTOR EKSTERNAL  :

Faktor Eksternal Mikro

1.      Pesaing

Lingkungan persaingan perusahaan tercermin dari tipe, jumlah dan norma-norma perilaku organisasi-organisasi pesaing. Dengan pemahaman akan lingkungan persaingan yang dihadapinya. Oragnisasi dapat mengetahui posisi persaingannya sehingga lebih mampu mengoptimalkan operasional-operasionalnya.

2.      Customer

Strategi, kebijaksanaan dan taktik-taktik pemasaran perusahaan sangat tergantung situasi pasar dan langganan.

Faktor Eksternal Makro

1.      Perkembangan Teknologi

Dalam setiap masyarakat / industri tingkat kemajuan teknologi memainkan peranan berarti pada penentuan produk dan jasa yang akan diproduksi, peralatan yang akan digunakan dan bagaimana bermacam-macam operasi akan digunakan dan dikelola.

2.      Variable Ekonomi

Seorang manajer akan selalu terlibat dengan masalah biaya, sumber daya - sumber daya yang dibutuhkan organisasi. Biaya ini berubah-ubah setiap waktu karena pengaruh faktor-faktor ekonomi.

3.      Lingkungan Sosial Kebudayaan

Lingkungan sosial kebudayaan suatu masyarakat merupakan pedoman hidup yang menentukan bagaimana hampir seluruh organisasi dan manajer akan beroprasi. Lingkungan ini mencakup kepercayaan, nilai-nilai, sikap, pandangan serta pola kehidupan yang dibentuk oleh tradisi, pendidikan, kelompok etnis serta agama dan kepercayaan masyarakat tertentu.

4.      Variable Politik dan Hukum

Politik dan hukum dalam suatu peiode tertentu akan menentukan operasional perusahaan. Manajer tidak mungkin mengabaikan iklim politik, peraturan-peraturan pemerintah dalam pembuatan keputusan.

 

 

Sumber : Raharja, Jaja, Sam’un. (2022). Asas-Asas Manajemen. Jakarta : Universitas Terbuka

https://www.dictio.id/t/faktor-faktor-apa-saja-yang-mempengaruhi-suatu-manajemen-di-dalam-organisasi/16804/2