KOMUNIKASI BISNIS (SKOM4432)

 


DAFTAR ISI

TINJAUAN MATA KULIAH
MODUL 1   : KONSEP KONSEP DASAR, KONTEKS DAN RUANG LINGKUP KOMUNIKASI BISNIS
MODUL 2   : KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI BISNIS
MODUL 3   : DINAMIKA MEDIA DAN TEKNOLOGI DALAM KOMUNIKASI BISNIS
MODUL 4   : PROSES KOMUNIKASI BISNIS
MODUL 5   : BENTUK KOMUNIKASI BISNIS
MODUL 6   : JENIS DAN KARAKTERISTIK STAKEHOLDERS
MODUL 7   : TEKNIK LOBI DAN NEGOSIASI DALAM KOMUNIKASI BISNIS
MODUL 8   : PENULISAN PESAN BISNIS
MODUL 9   : PEMBICARAAN BISNIS


TINJAUAN MATA KULIAH 

Mata Kuliah ini dimaksudkan sebagai salah satu bahan ajar dan rujukan dalam memahami perkembangan komunikasi bisnis yang disesuaikan dengan dinamika perubahan teknologi dan informasi pada era global.
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang konsep, teori, dan implementasi komunikasi bisnis dalam keranga bisnis.


MODUL 1   : KONSEP KONSEP DASAR, KONTEKS DAN RUANG LINGKUP KOMUNIKASI BISNIS 

Berlangsungnya perusahaan sebagai organisasi bisnis tentu sangat membutuhkan komunikasi dalam menjalankan rencana atau program-program perusahaan sesuai dengan karakteristik, jenis, kapasitas, dan kapabilitasnya.
Komunikasi menjadi teramat penting bagi manusia dalam memenuhi berbagai kebutuhan sosial, bisnis, politik dan sebagainya. Dimanapun kita tinggal dan apapun pekerjaan kita, kita selalu membutuhkan komunikasi dengan orang lain.
Jadi, bukan hanya dosen, politikus, pengacara, penjual atau pendakwah yang harus terampil berkomunikasi, namun hampir semua jabatan. "Banyak orang gagal karena mereka tidak terampil berkomunikasi" (Mulyana, 2007).

Perusahaan bukan hanya kumpulan modal semata, namun merupakan aktivitas para pembisnis dengan para stafnya yang dengan sengaja merencanakan berbagai program dan strategi bisnis yang jelas orientasi dan tujuannya.
Proses penyelenggaraan perusahaan dalam konteks bisnis baik produksi, pemasaran, pemeliharaan maupun pengelolaan kualitas, pencitraan dan reputasi perusahaan, dan sebagainya, sangat membutuhkan komunikasi yang efektif dan profesional.

Modul 1 mengkaji tentang konsep-konsep dasar, konteks dan ruang lingkup komunikasi bisnis, yang merupkan materi dasar untuk mempelajari komunikasi bisnis secara keseluruhan. Untuk lebih meyakinkan pentingnya mempelajari komunikasi bisnis, kita simak ilustrasi komunikasi bisnis berikut :

McDonald, Meredam Sentimen Anak Bangsa

Serangan Amerika Serikat ke Irak pada bulan Maret 2003 telah memicu kemarahan sebagian Warga Negara Indonesia, sebuah negara yang 80% penduduknya memeluk Agama Islam. Bentuk kemarahannya memiliki kadar yang berbeda di tiap daerah, mulai dari demonstrasi di depan Kedutaan Amerika, Aksi pembakaran bendera Amerika, hingga pengeboman restoran waralaba tersebut.

McDonald sebagai salah satu restoran waralaba (Franchice) Amerika Serikat terbesar di Indonesia yang mendapat protes dari warga masyarakat Indonesia. Di Bandung dan Surabaya, restoran McDonald bersama restoran lainnya di segel para mahasiswa yang bersimpati dengan Irak yang di serang oleh Amerika Serikat. Di Bandung penyegelan dilakukan oleh Forum Aktivis Mahasiswa Universitas Islam Bandung.

Situasi yang sangat tidak menguntungkan bagi kelangsungan bisnis McDonald ini dengan segera disikapi  McDonald dengan memanfaatkan jasa public relation (PR) untuk memberikan komunikasi edukasi kepada publik tentang apa yang sudah diberikan oleh McDonald kepada masyarakat Indonesia, melalui iklan layanan masyarakat yang menyentuh. McDonald membuat testimonial tentang seorang bapak yang bangga terhadap anaknya yang berprestasi di McDonald karena kemudian mampu memberikan kehidupan yang layak terhadap keluarganya, kepada media massa ataupun pihak-pihak yang memiliki kredibilitas atas informasi yang disampaikan McDonald memberikan informasi mengenai dampak ekonomi yang mungkin muncul bila McDonald tutup di Indonesia. (Wasesa; 2010) 

Dengan menyimak ilustrasi tersebut, betapa penting komunikasi bisnis yang dilakukan MCDonald dalam mengelola ancaman tersbut sebagai suatu tantangan komunikasi bisnis. Komunikasi bisnis tidak pernah tidak bisa dilepaskan (sin qua non) dalam aktivitas perusahaan.


KEGIATAN BELAJAR 1 : 
KONSEP-KONSEP DASAR KOMUNIKASI BISNIS

Era Globalisasi dan liberalisasi ekonomi , benar-benar berdampak luar biasa, selain terjadinya krisis dan ancaman juga melahirkan kompetisi bisnis yang luar biasa. Perkembangan Teknologi komunikasi  dan Informasi, ikut mendukung era globalisasi yang sangat cepat dan pesat diberbagai belahan dunia.
Para pelaku bisnis terus menerus dipacu untuk setiap saat terbuka pada berbagai inovasi, tantangan dan ancaman, karena orientasi pada kualitas produk dan promosi yang dirintisnya tidak cukup memadai dalam menghadapi berbagai dinamika komunikasi dan bisnis.

Kehadiran bidang komunikasi bisnis semakin dibutuhkan suatu organisasi bisnis atau perusahaan yang menyangkut beberapa hal :
Latest