LATIHAN SOAL UAS THE PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI NIAGA ADBI4130

 

PENYELESAIAN SOAL NO. 1 :

a. Peluang apa yang dilihat oleh Xiaomi? Jelaskan arti penting melihat peluang dalam bisnis!

Peluang yang dilihat Xiomi adalah menjual produk yang murah namun dengan spek yang mempuni, dengan jalan tidak mengeluarkan biaya promosi pemasaran yang besar.

peluang usaha adalah semua ide bisnis, prospek, perencanan, ataupun kesempatan lain untuk suatu usaha yang sedang dikembangkan atau akan dimulai. Sehingga peluang bisnis adalah suatu proses identifikasi kesempatan untuk memulai bisnis yang baru.

Bagi pengusaha, pastilah selalu ada keinginan untuk mengembangkan usahanya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan usaha adalah jeli melihat peluang. Bila dikaitkan dengan usaha, maka peluang memiliki arti penting karena merupakan sebuah kesempatan dalam menjalankan serangkaian bisnis untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dengan strategi-strategi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

b. Pada saat ini, di mana terdapat pandemi Covid-19, bagaimana kondisi ekonomi Indonesia? Apakah terdapat keterkaitan dengan bisnis Xiaomi? Jelaskan!

Kondisi pandemi Covid-19 memberi dampak amat besar pada sektor ekonomi di Indonesia. Dampak yang sangat terasa dan mudah sekali dilihat adalah melemahnya konsumsi rumah tangga atau melemahnya daya beli masyarakat secara luas. Hingga saat ini, masyarakat mengalami penurunan daya beli yang sangat signifikan. PPKM yang terus berlanjut dengan berbagai aturan pengetatan menghambat masyarakat untuk beraktifitas ekonomi.

Kondisi perekonomian indonesia yang demikian akan berpengaruh pada semua sektor perekonomian dan dunia usaha, demikian juga bisnis Xiomi di Indonesia ditenggarai terjadi penurunan penjualan hampir pada semua produk xiomi dibidang elektronik.

c. Jelaskan keterkaitan antara dinamika penawaran dan permintaan dengan bisnis smartphone!

Dalam permintaan terhadap produk smartphone, berlaku hukum harga menjadi penentu naik turunnya pembelian. Sebab, para pembeli pasti tidak mau membeli smartphone dengan harga kelewat mahal. Itulah kenapa, dalam aktivitas jual beli smartphone di pasar, biasanya smartphone dengan harga murah akan menarik minat tinggi dari pembeli. Sebaliknya, ketika harga barang mahal minat konsumen akan menyusut.

d. Jelaskan strategi generik Porter! Kaitkan dengan strategi generik Porter, menurut Anda, strategi apa yang sesuai digunakan oleh Xiaomi untuk sukses memasuki pasar internasional? Jelaskan! Empat komponen utama tersebut dikaitkan oleh tiga komponen jembatan :

Strategi Generik Porter adalah Pemilihan Strategi untuk bisnis yang dijalankan. Dalam menarik pasar smartphone terutama di Indonesia Xiaomi juga melakukan berbagai macam strategi dalam menarik konsumennya. Strategi yang dilakukan oleh Xiaomi adalah dengan menjual produk yang murah namun dengan spek yang mempuni, tidak mengeluarkan biaya iklan yang besar karena Xiaomi memang jarang sekali melalukan iklan di televisi atau media masa berbayar.

Xiomi untuk menjadi revolusioner industri atau dapat membuat aturan permainan baru di era sulit atau era revolusi harus menciptakan konsep bisnis beserta komponen-komponennya. Suatu konsep bisnis di era sulit terdiri dari empat komponen utama, yaitu strategi inti (Core Strategy), sumberdaya strategis (Strategic Resources), perantara pelanggan (Customer Interface) dan jaringan nilai (Value Network). Empat komponen utama tersebut dikaitkan oleh tiga komponen jembatan.

Antara komponen strategi inti dan sumberdaya strategis dikaitkan oleh komponen konfigurasi aktivitas (Configuration of Activities). Komponen manfaat bagi pelanggan (Customer Benefits) mengaitkan strategi inti dan perantara pelanggan. Sedangkan komponen batasan perusahaan (Company Boundaries) menjadi jembatan antara sumberdaya strategis dengan jaringan nilai.

 

 

PENYELESAIAN SOAL NO. 2 :

a. Bagaimana permintaan produk Honda saat pandemic? Jelaskan keterkaitan antara kondisi pasar dengan kinerja bisnis!

Permintaan terhadap Produk Honda pada saat Pandemic terlihat dari Penjualan Produk Honda, yaitu mengalami penurunan yang cukup signifikan. Penurunan penjualan ini terjadi bukan hanya pada produk sepeda motor tetapi juga pada produk unit mobil walaupun tidak sebesar penurunan penjualan sepeda motor.

Kondisi Pasar yang lesu atau kurang bergairah seperti halnya saat Pandemic saat ini akan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Bisnis suatu perusahaan. Kinerja Bisnis Perusahaan sangat tergantung pada serapan pasar terhadap produk, semakin bergairah pasar maka Kinerja Bisnis perusahaan akan meningkat, demikian sebaliknya.

b. Identifikasi analisis SWOT pada bisnis motor Honda!

Analisis SWOT dalam pemasaran motor sebagai berikut :

1. Strengths (keunggulan) Untuk melihat bagaimana keunggulan dalam pemasaran motor Honda adalah terletak dari aspek-aspek dibawah ini :

1) Jenis motor Honda lebih bermutu/berkualitas

2) Jenis motor Honda yang dijual memiliki keunggulan, jika dibandingkan dengan perusahaan pesaing, khususnya yang berkaitan dengan teknologi yang penerapannya terdapat dalam Honda di Moto GP

3) Memiliki jaringan pemasaran yang luas dalam melakukan pemasaran di daerah (memiliki cabang-cabang pemasaran).

4) Pangsa pasar yang telah dicapai rata-rata sebesar 60% pertahun.

2. Weaknesses (kelemahan) Dalam melakukan pemasaran motor Honda, terdapat kelemahan-kelemahan yang dihadapi, diuraikan sebagai berikut :

1) Kurangnya usaha promosi yang dilakukan oleh perusahaan dalam pemasaran motor Honda (4 jenis promosi saja). 2) Harga jual motor Honda yang lebih tinggi dari pesaing.

3) Kurangnya tenaga salesman yang tugasnya menerima order dalam penjualan motor Honda.

3. Threat (ancaman) Faktor-faktor ancaman dalam pemasaran motor Honda dapat diuraikan sebagai berikut: 

1) Bertambahnya perusahaan pesaing yang bergerak dalam bidang dealer motor Honda.

2) Tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang belum stabil.

4. Opportunities (peluang) Adapun peluang-peluang yang mempengaruhi pemasaran motor Honda dapat diuraikan sebagai berikut :

1) Potensi pasar yang makin meningkat.

2) Meningkatkan minat konsumen terhadap jenis motor Honda.

3) Meningkatkan prospek pemasaran di masa yang akan datang.

c. Jelaskan yang dimaksud dengan perencanaan strategik dan taktis! Berikan satu saran perencanaan strategik dan taktis yang dapat membantu motor Honda mengembangkan bisnisnya selama pandemi!

Perencanaan strategis adalah ketika Anda melihat tujuan jangka panjang yang ingin Anda capai. Anda akan menggunakan perencanaan strategis ketika Anda ingin mencapai tujuan hidup atau karir yang luas.

Perencanaan taktis adalah ketika Anda fokus pada langkah-langkah spesifik yang perlu Anda ambil untuk mencapai tujuan. Proses perencanaan semacam ini berfokus pada tindakan sehari-hari yang perlu Anda selesaikan. Dengan rencana taktis, Anda perlu meninjau kembali kemajuan Anda lebih sering.

Satu saran perencanaan strategik dan taktis yang dapat digunakan Honda untuk mengembangkan bisnis selama pandemi diantaranya pemberian discount yang menarik konsumen untuk pembelian produk Honda.

 

d. Jelaskan arti penting benchmarking! Jika Anda merupakan salah satu jajaran manajemen motor Honda, apakah Anda akan melakukan benchmarking dalam merumuskan strategi? Jelaskan!

Benchmarking adalah suatu standar atau tolak ukur yang dimanfaatkan untuk membandingkan antara satu hal dengan hal lainnya yang sejenis. Pentingnya benchmarking, karena dengan menggunakan tolak ukur tersebut, maka berbagai hal akan bisa diukur dengan standar baku yang umum.

 

Benchmarking perlu dilakukan manajemen, benchmarking adalah suatu cara yang sangat sistematis atau suatu upaya penilaian performa pada layanan, produk atau proses perusahaan dengan membandingkannya dengan layanan, proses, atau produk dari kompetitor lain yang dinilai lebih baik dari perusahaan tersebut.

Karena  tujuan yang paling utama dari melakukan benchmarking adalah demi meningkatkan nilai lebih perusahaan dengan cara memperbaiki performa usaha, meningkatkan produktivitas, memperbaiki kualitas produk dan pelayanan, serta hal lainnya dengan memanfaat performa dari kompetitor lain yang dianggap lebih baik.

  

PENYELESAIAN SOAL NO. 3 :

a. Berdasarkan kasus tersebut, bagaimana kondisi keuangan PT Express Trasindo Utama Tbk? Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan pengelolaan keuangan perusahaan!

Kondisi keuangan PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI) memburuk yang ditandai dengan langkah  perusahaan menunda pembayaran kupon atau bunga obligasi I tahun 2014 kepada pemegang saham.

Faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan pengelolaan keuangan perusahaan dilatarbelakangi oleh pelemahan kinerja perusahaan hingga manajemen tak mampu membayar bunga obligasi.

b. Apa jenis pendanaan jangka panjang yang digunakan oleh PT Express Trasindo Tbk? Jelaskan!

Pendanaan jangka panjang yang digunakan adalah Obligasi,  adalah surat jangka panjang yang dapat diperjualbelikan. Obligasi berisi janji dari pihak yang menerbitkan Efek PT Express Trasindo Tbk untuk membayar imbalan berupa bunga (kupon) pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada akhir waktu yang telah ditentukan, kepada pihak pembeli obligasi tersebut.

c. Menurut Anda, apakah financial leverage PT Express Trasindo dalam kondisi yang baik? Jelaskan!

Financial Leverage PT Express Trasindo sebenarnya dalam kondisi kurang baik, Hal ini terlihat dari kenaikan liabilitas yang tidak diikuti dengan jumlah ekuitas perusahaan yang mengalami penurunan.

d. Jika Anda sebagai Direktur PT Express Trasindo Utama, apakah Anda akan mengembangkan program keterlibatan karyawan untuk meningkatkan kinerja perusahaan? Jelaskan arti pentingnya!

Benar, dibutuhkan juga pengembangan program ketrlibatan karyawan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Seyogyanya, perusahaan adalah rumah yang nyaman bagi penghuninya. Kenyamanan lingkungan kerja harus menjadi prioritas utama sehingga karyawan merasa nyaman dan betah bekerja.

Kenyamanan ini akan membuat prioritas dan target korporasi dapat terpenuhi tepat waktu, bahkan bisa lebih cepat. Indikator utama dari lingkungan kerja yang nyaman terlihat hubungan yang akrab antara atasan dan bawahan serta sesama karyawan. Hubungan antara atasan dan bawahan ibarat keluarga, atasan seperti orang tua yang siap memberikan ilmu dan pengalamannya. Sedangkan karyawan, memberikan ide dan gagasan yang kreatif dan inovatif untuk menunjang kemajuan perusahaan.

Bertemunya ilmu dan pengalaman dari atasan serta ide dan gagasan dari bawahan akan memberikan sinergi positif yang mampu mendongkrak pencapaian perusahaan, baik itu berupa produk maupun pelayanan yang semakin prima. Umumnya peningkatan produktivitas dan pelayanan akan berbanding lurus dengan tingginya profitabilitas perusahaan.

e. Jika Anda sebagai Direktur PT Express Trasindo dan kondisi keuangannya sudah membaik, kompensasi apa yang akan Anda tawarkan kepada para pegawai untuk meningkatkan motivasi bekerja? Jelaskan!

Pemberian kompensasi menjadi hal penting bagi perusahaan untuk meningkatkan loyalitas dan motivasi kerja pegawai. Dengan demikian, produktivitas perusahaan akan meningkat dan berarti berpengaruh kepada keuntungan perusahaan.

Bentuk Kompensasi yang akan diberikan kepada pegawai untuk meningkatkan motivasi bekerja mereka diantaranya Insentif, Bonus, Tunjangan,  dan Fasilitas.


PENYELESAIAN SOAL NO. 4 :

a. Jelaskan arti penting dari marketing mix! Identifikasi 4 P (Produk, Price, Place, dan Promotion) pada Samsung S20 FE!

Product (Produk) :

Produk Samsung S20 FE diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan keunggulan fitur-fitur baru yang dimilikinya. diperkirakan usung layar sebesar 6,5 inci didukung refresh rate 120Hz. Penyimpanan internalnya mencapai 128GB dengan kapasitas RAM sebesar 6GB. Ponsel ini diprediksi bawa setelan quad-camera.

 

Price (Harga) :

Harga jual yang ditawarkan untuk Produk Samsung S20FE ini sangak kompetitif dengan pesaing sekelasnya, dengan

fitur yang dimilikinya Ponsel ini diperkirakan dijual sekitar 800 ribu won di Korea Selatan atau setara Rp10 juta

Place (Tempat) :

Dengan strategi pemasaran Samsung yang distribusi selektif, Produk Samsung S20FE akan terjamin kualitas dan

originalitasnya karena dipasarkan melalui distributor-distributo resmi dari Samsung

 

Promotion (Promosi) :

Produk Samsung S20 FE  sebagaimana produk Samsung yang lain, Samsung cukup gencar dalam mempromosikan produknya di social media dan media digital lainnya.

 

b. Menurut Anda, produk Samsung S20 FE pada posisi mana di product life cycle? Introduction, growth, maturity atau decline? Jelaskan!

Produk Samsung S20 FE di product life cycle adalah pada posisi Introduction. Posisi Introduction (Perkenalan) adalah dimana suatu produk pada tahap perkenalan, tahap dimana sebuah pabrik (produsen) mulai meluncurkan dan mengenalkan produknya kepada masyarakat.

 

c. Apakah Samsung menggunakan distribusi selektif? Jelaskan!

Samsung dalam strategi pemasarannya menggunakan strategi distribusi selektif. Sebuah  strategi yang bertujuan

untuk memberikan dampak terbaik dalam sebuah produksi barang tertentu. Melalui strategi yang satu ini, produsen akan memilih distributor yang tepat untuk mendistribusikan produk nya. 

 

Sebagai strategi distribusi selektif, Di dalam suatu daerah tidak semua distributor atau pengecer dipilih untuk

menjadi agen distributor. Hal ini sebagai langkah yang efektif guna memberikan hasil atau dampak pada produk

dagang yang sedang disalurkan.

 

d. Untuk terus berinovasi, tentunya Samsung membutuhkan keterlibatan dari para karyawannya dan Samsung perlu menciptakan lingkungan yang kondusif. Jelaskan arti penting hubungan kondusif antara karyawan di tempat kerja!

Tumbuhnya sebuah perusahaan yang berorientasi pada pelayanan maupun profit harus didukung oleh lingkungan kerja yang baik. Pengertian lingkungan kerja yang baik adalah situasi dan suasana kerja yang kondusif dan nyaman.

Lingkungan kerja yang dimaksud, meliputi komunikasi antara atasan dan bawahan serta sesama karyawan, teamworking, networking, reward and punishment, time schedule kegiatan yang tertata, dan hubungan perusahaan dengan external stakeholder.

Seyogyanya, perusahaan adalah rumah yang nyaman bagi penghuninya. Kenyamanan lingkungan kerja harus menjadi prioritas utama sehingga karyawan merasa nyaman dan betah bekerja. Kenyamanan ini akan membuat

prioritas dan target korporasi dapat terpenuhi tepat waktu, bahkan bisa lebih cepat. Indikator utama dari lingkungan kerja yang nyaman terlihat hubungan yang akrab antara atasan dan bawahan serta sesama karyawan. Hubungan

antara atasan dan bawahan ibarat keluarga, atasan seperti orang tua yang siap memberikan ilmu dan pengalamannya. Sedangkan karyawan, memberikan ide dan gagasan yang kreatif dan inovatif untuk menunjang

kemajuan perusahaan. Bertemunya ilmu dan pengalaman dari atasan serta ide dan gagasan dari bawahan akan memberikan sinergi positif yang mampu mendongkrak pencapaian perusahaan, baik itu berupa produk maupun

pelayanan yang semakin prima. Umumnya peningkatan produktivitas dan pelayanan akan berbanding lurus dengan tingginya profitabilitas perusahaan.