BISNIS INTERNASIONAL (ADBI4432)

 


DAFTAR ISI

TINJAUAN MATA KULIAH
MODUL 1  : KARAKTERISTIK BISNIS INTERNASIONAL
MODUL 2  : TEORI EKONOMI BISNIS INTERNASIONAL
MODUL 3  : KEKUATAN-KEKUATAN LINGKUNGAN LUAR NEGERI
MODUL 4 : PERBEDAAN SISTEM POLITIK, EKONOMI, HUKUM, DAN BUDAYA DALAM BISNIS INTERNASIONAL
MODUL 5  : SISTEM BISNIS INTERNASIONAL
MODUL 6 : DINAMIKA ORGANISASI INTERNASIONAL
MODUL 7 : MEMAHAMI SISTEM MONETER INTERNASIONAL
MODUL 8 : PERDAGANGAN DAN INVESTASI DALAM BISNIS INTERNASIONAL
MODUL 9 : STRATEGI PENGELOLAAN BISNIS INTERNASIONAL


TINJAUAN MATA KULIAH 

Mata Kuliah Bisnis Internasional adalah suatu studi yang mempelajari aktivitas berupa transaksi bisnis di antara lebih dua negara yang melibatkan semua aspek yang berkaitan dengan aktivitas bisnis itu sendiri dalam konteks global.
Aspek-aspek tersebut mencakup antara lain Karakteristik Bisnis Internasional; Teori ekonomi Bisnis Internasional; Kekuatan dan perbedaan ekonomi, politik, hukum, dan budaya dalam bisnis internasional; Sistem Bisnis Internasional; Dinamika Organisasi Internasional; Memahami Sistem Moneter Internasional; Perdagangan dan Investasi dalam Bisnis Internasional; serta strategi Pengelolaan Bisnis Internasional; 


MODUL 1   : KARAKTERISTIK BISNIS INTERNASIONAL

Era Globalisasi saat ini sangat jelas menunjukkan hubungan atau keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia. Salah satu sebab globalisasi adalah kecendrungan segala sesuatunya berpengaruh terhadap perekonomian dunia.
Globalisasi perekonomian meruakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, yaitu negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kegaiatan pasar yang semakin terintegritas tanpa rintangan batas teritorial negara.
Berbicara Globalisasi tidak terlepas dari ekonomi Internasional. Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai karakteristik yamg sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Ekonomi Internasional mencakup masalah ekonomi antarnegara satu dengan negara lainnya. Hubungan ekonomi yang dimaksud disini paling tidak mencakup tiga bentuk yang berbeda satu sama lain meskipun yang satu saling berkaitan dengan yang lain. 
Hubungan ekonomi tersebut dapat berupa pertukaran hasil atau output, pertukaran sarana produksi atau faktor produksi, dan hubungan utang piutang.

Pengertian hasil atau output meliputi output barang dan output jasa. Output, baik yang berupa barang maupun jasa, dari suatu negara ditukar dengan output negara lain. Hubungan tukar menukar ini disebut dengan hubungan perdagangan.

Bentuk hubungan ekonomi yang kedua adalah pertukaran sarana produksi atau faktor produksi. Yang dimaksud sarana produksi misalnya adalah modal, tenaga kerja, dan teknologi.

Bentuk hubungan ekonomi yang ketiga adalah hubungan hutang piutang. Suatu negara dapat memiliki hutang atau piutang dengan negara lain. Hubungan utang piutang ini timbul biasanya disebabkan oleh adanya hubungan perdagangan dan hubungan pertukaran sarana produksi. Sebagai contoh, Timor Leste mengimpor kapal dari Indonesia dan dibayar dengan cara kredit. Hubungan dagang yang timbul adalah impor kapal oleh Timor Leste telah mengakibatkan Timor Leste memiliki hutang pada pengusaha kapal di Indonesia.



KEGIATAN BELAJAR 1 : KONSEP DASAR BISNIS INTERNASIONAL

A. PENGERTIAN BISNIS INTERNASIONAL

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin pesat membawa dampak pada kemajuan bidang komunikasi, transformasi dan informasi. Seiring dengan kondisi tersebut, jumlah penduduk dunia terus bertambah, sedangkan sumber-sumber alam atau faktor-faktor produksi cenderung terbatas. 
Setiap negara memiliki keterbatasan dan kelebihannya sehingga mendorong aktivitas bisnis yang ada pada suatu negara untuk melakukan ekspansi ke luar negeri. Bisnis domestik yang selama ini dilakukan oleh perusahaan-perusahaan nsional mulai ditinggalkan untuk beranjak kebisnis yang bersekala Internasional atau dengan kata lain perusahaan mulai terlibat dalam bisnis internasional.

Pengertian mengenai bisnis internasional telah dikemukakan oleh banyak ahli sebagai berikut :

1. Rugman dan Hodggets (1995)

International business is the study of transactions taking place across national borders for the purpose of satisfying the needs of individuals and organizations.

2. Griffin dan Pustay (1996)

International business is any business transaction between parties from more than one country is part of international business

3. Ball dan Wendell (2004) (alih bahasa Syahrizal Noor)
Bisnis Internasional merupakan bisnis yang kegiatan-kegiatannya melewati batas-batas negara. Definis ini tidak hanya termasuk perdagangan internasional dan pemanufakturan di luar negeri, tetapi juga industri saja yang berkembang di bidang-bidang, seperti transportasi, pariwisata, perbankan, periklanan, konstruksi, perdagangan eceran, perdagangan besar, dan komunikasi massa.