PERILAKU ORGANISASI - 15 (ADPU4431)

 


TINJAUAN MATA KULIAH
MODUL 1 : KARAKTERISTIK DAN PERILAKU MANUSIA
MODUL 2 : PENGERTIAN BUDAYA, BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA, TEORI DAN PROSES ORGANISASI
MODUL 3 : GAYA KEPEMIMPINAN 
MODUL 4 : KEKUASAAN DAN WEWENANG
MODUL 5 : HUBUNGAN ANTARMANUSIA
MODUL 6 : KOMUNIKASI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
MODUL 7 : MOTIVASI DAN PROSESNYA
MODUL 8 : DINAMIKA KELOMPOK
MODUL 9 : METODE EVALUASI KINERJA


TINJAUAN MATA KULIAH

Perilaku manusia termasuk budaya di dalam organisasi sangat menentukan kinerja organisasi. Budaya organisasi menjadi masalah yang hangat diperbincangkan dan diteliti sejak masuk dua dekade terakhir abad ke-20;
Pertama, Tebit buku mengupas budaya ; Theory Z: How American Business Can Meet the Japanese Challenge oleh William G. Ouchi; In Search of Excellence oleh Tom Peters & R.H. Waterman; A Passion for Excellence : The Leadership Differences oleh Tom Peter & Nancy Austin.
Kedua, Kaitan dengan Kinerja ; Corporate Culture and Performance oleh John P. Kotter & James L. Heskett; Organizational Culture and Leadership, 2nd Ed oleh Edgar H. Schein; Multicultural Management : New skillsfor Global Success oleh Farid Elashmawi dan Philip R. Harris.

Semua buku diatas tentang adanya hubungan yang erat antara "kebudayaan kuat dan prestasi unggul" dalam organisasi; 1) Kehidupan organisasi terkait erat dengan konteks kulturalnya, 2) Unsur kepemimpinan memegang peranan viral sebagai pembentuk dan pengarah budaya kuat, 3) Organisasi-organisasi usaha yang unggul secara sengaja dan khusus mengembangkan budaya organisasinya sendiri yang khas sesuai dengan visi dan misinya, 4) Perilaku manusia (para pimpinan dan karyawan) turut menentukan keberhasilan pencapaian kinerja organisasi.

Dalam proses kegiatan organisasi ada tiga aspek dan tujuan yang akan dicapai, yaitu tujuan dan hasil karya; individu, kelompok dan organisasi. Pencapaian tujuan-tujuan tersebut dapat dicapai melalui kegiatan manajemen modern dan efektif.


MODUL 1 : 

KARAKTERISTIK DAN PERILAKU MANUSIA


KB 1 : KARAKTERISTIK DAN HAKIKAT MANUSIA 

A. ASPEK MANUSIA DALAM ORGANISASI SECARA UMUM

Didalam organisasi sering ditemukan peristiwa kegagalan di jajaran manajemen/pimpinan organisasi. Kalimat; "Mengapa banyak pemimpin yang tidak dapat memimpin?" Padahal mereka yang menduduki jabatan sebagai manajer memiliki keterampilan teknis dan manajerial?.                                                     

Ditemukan bahwa unsur manusia merupakan unsur yang paling penting dan vital dalam penentuan hasil proses kerja; Manajer perlu memiliki keterampilan menangani  orang-orang yang bekerja bersama dia.

Keterampilan menangani orang-orang di dalam organisasi, maka para manajer/pemimpin perlu memiliki kemampuan berkomunikasi dengan mereka. Kemampuan lain adalah kemampuan mendeteksi perilaku manusia didalam organisasi, yang dipengaruhi oleh kebutuhan dan kepentingan manusia yang menimbulkan semangat dan motivasi kerja.