KEPEMIMPINAN - 13 (ADPU4334)

 


TINJAUAN MATA KULIAH
MODUL 1 : KONSEP DASAR KEPEMIMPINAN
MODUL 2 : TEORI KEPEMIMPINAN KLASIK
MODUL 3 : TEORI KEPEMIMPINAN KONTINGENSI DAN KONTEMPORER
MODUL 4 : PERAN PEMIMPIN
MODUL 5 : GAYA KEPEMIMPINAN
MODUL 6 : KEKUASAAN DAN KONFLIK DALAM KEPEMIMPINAN
MODUL 7 : PERKEMBANGAN MUTAKHIR TENTANG KEPEMIMPINAN
MODUL 8 : KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN
MODUL 9 : APLIKASI KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI


TINJAUAN MATA KULIAH

Perkembangan Ilmu Pengetahuan; Kepemimpinan salah satu cabang ilmu administrasi, Ilmu administrasu merupakan perkembangan dari ilmu filsafat.
Kepemimpinan mempunyai objek bahasan atau penelitian berupa interaksi saling mempengaruhi antara pemimpin dan pengikut dalam upaya mencapai tujuan tertentu. Interaksi ini terdiri dari berbagai fenomena kepemimpinan seperti pemimpin, pengikut, kekuasaan, teknik mempengaruhi; Juga menghasilkan teori yang dapat dipergunakan untuk menjelaskan, meramalkan fenomena kepemimpinan dan membimbing pelaksanaan praktik kepemimpinan.

Teori yang berbeda mengenai fenomena kepemimpinan yang sama, misalnya mengenai asal usul pemimpin ada yang mengemukakan bahwa seorang pemimpin sudah ditakdirkan (leaders are born) dan ada yang menyatakan bahwa pemimpin dapat dididik (leaders are made).

Kepemimpinan sulit diduplikasi karena Kepemimpinan merupakan seni yang hasilnya tergantung pada senimannya, yaitu sang pemimpin. Peran seorang pemimpin pada dasarnya merupakan penjabaran serangkaian fungsi kepemimpinan.
Fungsi kepemimpinan sendiri merupakan salah satu diantara peranan manajemen dalam rangka mengajak atau menggerakkan semua pengikut agar dengan penuh kemauan memberikan pengabdian dalam mencapai tujuan organisasi sesuai dengan kemampuan pengikut secara maksimal.


MODUL 1 : 
KONSEP DASAR KEPEMIMPINAN

KB 1 : PENGERTIAN KEPEMIMPINAN

Sejak zaman dahulu manusia yang hidup berkelompok sudah mengenal istilah Kepemimpinan; menyentuh segala segi kehidupan manusia seperti cara berkarya, bertetangga, bermasyarakat, bahkan bernegara. 
Kepemimpinan sangat penting dan dibutuhkan manusia, umat manusia di dunia ini pada hakikatnya hanya ditentukan oleh beberapa orang saja, yaitu yang berstatus sebagai Pemimpin.


A. PENGERTIAN KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan berasal dari kata pimpin, mempunya aealan pe dan akhiran an yang menunjukkan sifat yang dimiliki oleh pemimpin itu.