DISKUSI 5 TUTORIAL ONLINE KEWIRAUSAHAAN (ADBI4440)

 

DISKUSI 5 :

Setelah mempelajari materi inisiasi 5, silahkan Anda diskusikan mengenai hal berikut. 

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mengatakan koperasi simpan pinjam harus melakukan modernisasi. Salah satu caranya dengan penerapan teknologi dan transparansi agar peningkatan pelayanan terhadap anggota semakin bagus. "Modernisasi dan transparansi ini penting supaya koperasi bisa tumbuh kembang di era digital," kata Teten dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (21/2/2020).
Dari wacana tersebut, menunjukkan bahwa dukungan pemerintah dalam mendorong koperasi, termasuk UMKM untuk menerapkan digitalisasi dalam mengelola bisnisnya. Namun hal ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu ada terobosan kebijakan yang lebih strategis dalam upaya mendorong terjadinya digitalisasi dalam pengelolaan bisnis UMKM.

Bagaimana pendapat Anda tentang pernyataan tersebut di atas? Jelaskan pendapat Anda.

Silakan diskusikan dengan teman mahasiswa lainnya. Berikan tanggapan terhadap pendapat teman lain, dengan memberikan argumentasi yang ilmiah. Jangan takut salah dalam memberikan tanggapan, karena kita semua dalam proses belajar.

Selamat berdiskusi