DISKUSI 1 TUTORIAL ONLINE TEORI ORGANISASI ( ADPU4341 )

 

DISKUSI 1 :

Diskusikan dengan rekan rekan Anda. Dalam berdiskusi pergunakan konsep/teori, data/informasi/ilustrasi untuk membantu menjelaskan konsep/teori.

1. Apa manfaat mata kuliah Teori Organisasi dalam kehidupan sehari - hari?

2. Mengapa organisasi disebut memiliki daur hidup?

3. Jelaskan mengapa  pengukuran keefektifan penting bagi organisasi?

Contoh Aplikasi

Temukan contoh dari bacaan tentang daur hidup organisasi dan kemudian bahaslah dengan rekan-rekan Anda.

 

 

PENDAPAT DISKUSI :                                                   

1. Apa manfaat mata kuliah Teori Organisasi dalam kehidupan sehari-hari ?

~ Organisasi merupakan wadah bagi sekelompok orang untuk melakukan kerja sama dalam rangka mencapai tujuan bersama. Implikasi dari fungsi utama organisasi tersebut adalah adanya kebutuhan yang sangat esensial untuk pemahaman dan pengelolaan organisasi sebagai suatu sistem dengan lingkungannya.

Oleh sebab itu Mata Kuliah Teori Organisasi  memaparkan sekelompok konsep, prinsip-prinsip, dan hipotesis yang digunakan untuk menjelaskan komponen-komponen organisasi dan bagaimana  komponen-komponen tersebut berprilaku dalam hubungannya dengan lingkungan. Artinya, Teori organisasi mengupas bagaimana organisasi berfungsi, bagaimana organisasi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan sekelilingnya.

Kontribusi Teori Organisasi sebagai Ilmu pengetahuan antara lain membantu para praktisi dan teoritisi organisasi dalam menganalisa kegiatan organisasi, bagaimana organisasi beradaptasi dan tumbuh dengan perubahan lingkungan melalui upaya mendesain organisasi yang efektif dan efisien. Teori Organisasi sebagai ilmu pengetahuan, menjadi alat analisis struktur dan budaya organisasi, mendiagnosis masalah, memanfaatkan proses desain organisasi dan membuat penyesuaian-penyesuaian terhadap perubahan lingkungan organisasi dalam mencapai tujuannya, dengan ruang lingkup analisisnya yang menyangkut struktur organisasi, desain organisasi dan budaya organisasi.

 

 

 

2. Mengapa organisasi disebut memiliki daur hidup?

~ Perhatikan kehidupan di sekitar kita. Perhatikan kehidupan manusia, binatang dan tumbuhan. Perhatikan benda-benda yang tak hidup yang dibangun oleh manusia seperti rumah dan mebel, Jika diperhatikan seksama benda-benda tersebut baik benda hidup maupun benda mati dimulai dengan siklus tidak ada, ada, dan kembali tidak ada. Kira-kira seperti itulah perspektif daur hidup memandang organisasi, Organisasi dikiaskan seperti makhluk hidup.

Organisasi juga dilahirkan, tumbuh, dipelihara, penuh dengan masalah, mundur dan kemudian mati. Setiap hari organisasi-organisasi baru dilahirkan, namun setiap hari juga ada organisasi yang ditutup, dilikuidasi, merger ataupun diakuisisi. Ada organisasi yang dapat bertahan sampai berabad-abad namun ada juga yang hanya bertahan beberapa minggu saja. Jadi, organisasi dikiaskan seperti makhluk hidup. Ada yang dapat bertahan sampai tua, tetapi ada yang baru dilahirkan kemudain terus mati.

 

3. Jelaskan mengapa  pengukuran keefektifan penting bagi organisasi?

~ Dalam mengkaji fungsi organisasi dan bagaimana organisasi mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungan ketika organisasi sedang bekerja, umumnya menyangkut tiga hal besar yaitu desain organisasi, struktur organisasi, dan budaya organisasi. Hubungan antara ketiganya adalah desain, struktur, dan budaya dipengaruhi oleh lingkungan, sedangkan struk dan budaya organisasi dipengaruhi oleh desain.

 

Kegagalan dalam mendesain organisasi yang efektif dan efisien akan menyebabkan menurunnya kinerja organisasi yang ditandai dengan keluarnya tenaga-tenaga potensial, semakin sulitnya memperoleh sumber daya, dan menurunnya keseluruhan proses penciptaan nilai bagi organisasi. Denagan demikian, efektivitas organisasi ditentukan oleh desain organisasi yang mampu mempertemukan kepentingan individu dan organisasi serta strategi organisasi

 

Pengukuran keefektifan sangatlah penting bagi organisasi karena dijadikan parameter bagi organisasi dalam mencapai tujuan.  Organisasi yang efektiv  adalah organisasi yang dalam mencapai tujuan organisasi tersebut adalah secara efisien dengan sumber daya yang tersedia padanya.