DISKUSI 1 TUTORIAL ONLINE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (MKWU4101)

 

Diskusi.1

Coba diskusikan hal ini:

Mayoritas dari kita menjadi muslim karena keturunan. Oleh karena itu, kadangkala kita kurang memaknai keimanan yang diperoleh. Bagaimana cara memaknai agar keimanan kita makin mendalam dan berimplikasi dalam kehidupan kita?

 

PENDAPAT DISKUSI :

Iman adalah Sikap (atitude), yaitu kondisi mental yang menunjukkan kecendrungan atau keinginan luar biasa terhadap Allah. Orang-orang yang beriman kepada Allah berarti orang yang rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk mewujudkan harapan atau kemauan yang dituntut oleh Allah kepadanya.

Adapun cara memaknai agar keimanan kita makin mendalam dan berimplikasi dalam kehidupan kita adalah dengan memahami Jika iman diartikan percaya, maka ciri-ciri orang yang beriman tidak ada yang mengetahuinya kecuali hanya Allah saja, karena yang tahu isi hati seseorang hanyalah Allah. Karena pengertian Iman yang sesungguhnya adalah meliputi aspek kalbu, ucapan dan perilaku, maka ciri-ciri orang yang beriman akan dapat diketahui, antara lain :

1. Tawakal; Apabila dibacakan Al Qur’an kalbunya terangsang untuk melaksanakannya.

2. Mawas diri dan bersikap ilmiah; Mawas diri dimaksudkan agar seseorang tidak terpengaruh oleh berbagai kasus dari manapun datangnya, baik dari kalangan jin dan manusia, bahkan mungkin juga datang dari dirinya sendiri

3. Optimis dalam menghadapi masa depan;

4. Konsisten dalam menepati Janji;

5. Tidak sombong;

 

Sumber Menjawab :

- Pendidikan Agama Islam ; Ali Nurdin, Syaeful Mikdar, Wawan Suharmawan; MKDU4221; Universitas Terbuka; Edisi Kedua