LATIHAN SOAL UAS THE PENGANTAR SOSIOLOGI ISIP4110

 


1.      Interaksi sosial merupakan proses penting dalam masyarakat, karena kehidupan sosial tidak akan terjadi jika tidak ada interaksi sosial. Interaksi sosial ada dua bentuk yaitu dalam proses asosiatif dan disosiatif. Dalam proses interaksi sosial dissosiatif bisa tergambar dalam bentuk persaingan dan kontraversi.

a) Berikanlah ilustrasi konsep persaingan di dalam kedudukan dan peranan dalam contoh interaksi didunia pekerjaan

b) Berikanlah suatu contoh kontraversi dalam suatu ilustrasi kejadian di dalam proses pertentangan yang intensif menurut Von Wiese dan Becker.

 

Penyelesaian Soal :

a). Persaingan kedudukan dan peranan, merupakan persaingan dalam menduduki posisi-posisi penting yang ada dalam masyarakat. Karena posisi-posisi tersebut memiliki nilai penghargaan tertentu maka individu-individu bersaing untuk mendapatkan kedudukan dan peranan tersebut. Contohnya adalah Jabatan Kepala Desa yang harus diraih melalui Kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

b). Kontravensi atau Pertentangan adalah suatu bentuk interaksi sosial yang didasarkan atas sikap yang tersembunyi dari satu atau dua pihak yang berinteraksi yang dapat berubah menjadi suatu kebencian, akan tetapi tidak sampai menjadi suatu konflik. Contoh Proses pertentangan yang intensif seperti penghasutan, menyebarkan desas desus dan lain sebagainya didalam masa-masa kampanye pemilihan umum yang dikuti oleh partai-partai politik yang mereka lakukan untuk meraih kemenangan atau dipilih konstituen.

 

2.     Kinloch mengklasifikasikan kelompok yang saling berhubungtan berdasarkan kriteria fisiologis, kebudayaan, ekonomi dan perilaku.

a) Analisislah dengan melalui contoh ilustrasi dari kriteria fisiologis yang terkait dengan relasi gender

b) Kemukakanlah analisis anda dengan memberikan ilustrasi contoh pada kriteria kelompok berdasarkan perilaku


Penyelesaian Soal :

a). Kriteria Fisiologis yang terkait dengan Relasi Gender adalah Kriteria yang berdasarkan Konsep hubungan sosial antara laki-laki dan perempuan berdasarkan kualitas, Skill, Peran dan fungsi dalam konvensi sosial yang bersifat dinamis mengikuti kondisi sosial yang selalu berkembang. Contohnya dalam Institusi Keluarga Ayah mempunyai peran dalam pemenuhan yang menjadi kebutuhan keluarga, sementara Ibu memiliki peran strategis mengurus rumah tangga dan lebih memiliki peran mendidik anak sejak dini.

b). Kriteria kelompok berdasarkan perilaku adalah kriteria yang digunakan sebagai dasar pengelompokan mereka yang mempunyai cacat fisik, cacat mental maupun mereka yang menyimpang dari tatanan masyarakat yang sudah mapan (atau yang sering diistilahkan dengan devian). Contohnya mereka yang tergabung dalam organisasi HWDI. Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) adalah organisasi Perempuan yang pengurus dan anggotanya mayoritas adalah perempuan dengan berbagai ragam Disabilitas (fisik, sensorik, mental, intelektual)

 

3.     Untuk menjamin terlaksananya perilaku kepatuhan dalam masyarakat maka diperlukan kontrol sosial, yang bersifat formal maupun informal

a) Berikanlah contoh dan analisis dalam ilustrasi kontrol sosial formal pada konsep isolation dalam situasi pandemi Covid-19 ini

b) Berikanlah contoh dan analisis dalam ilustrasi kontrol sosial informal pada konsep isolation dalam situasi pandemi Covid-19 ini

 

Penyelesaian Soal :

a). Kontrol sosial formal pada konsep isolation dalam situasi pandemi Covid-19 ini adalah Kontrol Sosial yang melibatkan Lembaga dan Institusi negara seperti Pemerintah / Pemerintah Daerah, Aparat TNI dan POLRI untuk melakukan fungsi preventif ataupun represif terhadap masyarakat agar pandemi covid-19 saat ini bisa dikendalikan atau bahkan harapan semua pihak pandemi ini bisa diakhiri.

b). Kontrol sosial informal pada konsep isolation dalam situasi pandemi Covid-19 ini adalah Kontrol Sosial yang melibatkan kelompok-kelompok kecil dalam mengawasi merebaknya pandemi Covid-19 dilingkunganya, Seperti peran dari masyarakat lingkungan atau masyarakat desa yang dengan kesadaran sendiri berinisiatif mengantisifasi segala sesuatu agar pandemi Covid-19 tidak menyebar ditempat mereka.

 

4.     Dalam bentuk perubahan sosial ada konsep perubahan yang direncanakan dan perubahan sosial yang tidak direncanakan. Pandemi Covid-19 merupakan bentuk perubahan sosial yang tidak direncanakan.

Coba anda berikan analisis melalui contoh narasi dalam konsep perubahan sosial yang tidak direncanakan di masa pandemic Covid-19 ini dalam aspek

a) Interaksi sosial

b) Mobilitas

c) Kerumunan

 

Penyelesaian Soal :

a). Dalam Aspek Interaksi Sosial; Pandemi Covid-19 ini telah membawa perubahan pada individu-individu dalam berinteraksi diantara mereka, dalam interaksi fisik yang terjadi diharuskan untuk selalu menjaga jarak, tidak bersalama, dan menggunakan alat pelindung diri (masker dan handsanitaizer).

b). Dalam Aspek Mobilitas; Pandemi Covid-19 ini telah membatasi mobilitas atau pergerakan individu dalam suatu tempat atau wilayah, pembatasan pergerakan tersebut diantaranya dilakukan dengan penerapan Kerja dari Rumah atau Work From Home (WFH) dan hanya mengizinkan persentase kecil pegawai melakukan kegiatan langsung di kantor. Demikian juga pada Lembaga Pendidikan pada semua jenjang, Pandemi Covid-19 membawa perubahan sosial dengan penerapan Pembelajaran Daring bagi Siswa maupun mahasiswa.

c). Dalam Aspek Kerumunan; Pandemi Covid-19 ini telah membatasi terjadinya kerumunan individu pada semua event kegiatan. Resepsi atau Persedekahan diatur dengan tegas pelaksanaannya, demikian juga dengan menjalankan ibadah bagi umat beragama di rumah ibadahnya masing-masing. Sementara itu event kegiatan hiburan atau event kegiatan yang mendatangkan penonton secara langsung di tempat/studio/stadion untuk saat ini disaat Pandemi Covid-19 belum bisa dikendalikan adalah terlarang dilakukan karena akan menimbulkan kerumunan yang besar.