DISKUSI 5 TUTORIAL ONLINE KEBIJAKAN BISNIS (ADBI4437)

 

DISKUSI  5 :

Forum Diskusi 5

Perusahaan Penerbangan Pan Am mampu menguasai transportasi udara di Kawasan Pasific berkat strategi pertumbuhan yang mereka terapkan dengan tepat. Mereka fokus pada ceruk pasar Kawasan Pasific saja dengan kampanye yang khas “Hanya matahari yang mampu menjelajahi Samudera Pasific”

Diskusikan strategi apa yang diterapkan Perusahaan Penerbangan Pan Am? 

Salam: Tutor

 

PENDAPAT DISKUSI 5 :

Strategi yang diterapkan Perusahaan Penerbangan Pan Am adalah Strategi Konsentrasi, Strategi ini dipakai oleh Perusahaan Penerbangan Pan Am dalam rangka memadukan semua sumber daya untuk mengembangkan lini produk tertentu, penguasaan pasar tertentu yaitu dalam hal ini Kawasan Pasific, dan penguasaan teknologi tertentu.

Dengan adanya konsentrasi atau memusatkan perhatian pada bidang tertentu, akan diperoleh keunggulan yang spesifik. Perusahaan Penerbangan Pan Am yang mengosentrasikan diri di Kawasan Pasific memberikan keunggulan bagi perusahaan ataupun citra produk jasa penerbangannya dalam memenangkan persaingan di kawasan itu.

Suwarno (1996) memberikan gambaran tentang strategi konsentrasi, khususnya dari sudut konsentrasi pasar. Menurut pendapatnya, dengan strategi tersebut, perusahaan berusaha meningkatkan tingkat penggunaan barang (dalam konteks ini yaitu jasa penerbangan Pan Am) dari konsumennya. Kemudian, perusahaan menarik pelanggan yang dimiliki pesaing dan mencoba menarik calon pembeli/pengguna baru.

Perusahaan Pan Am melakukan konsentrasi pada ceruk pasar tertentu (Kawasan Pasific) dengan kampanyenya yang khas, “Hanya matahari yang mampu menjelajahi Samudera Pasifik, Sealin Pan Am”. Dengan kampanye tersebut, tampak sasaran atau positioning dari perusahaan tersebut. Pan Am hanya ingin menjadi yang terbaik di Kawasan Pasifik, tidak perlu di seluruh dunia. Pan Am memang mampu merajai transportasi udara di Kawasan Pasifik berkat strategi konsentrasi, khususnya di bidang pemasaran.

 

Sumber : Hamid,Djamhur dan Zainul Arifin (2022). Kebijakan Bisnis. Jakarta : Universitas Terbuka